Warga Bukittinggi apresiasi layanan setaraJKN BPJS Kesehatan

id JKN BPJS Kesehatan

Warga Bukittinggi apresiasi layanan setaraJKN BPJS Kesehatan

Warga Kota Bukittinggi, Fajar mengapresiasi kesetaraan layanan JKN BPJS Kesehatan (Antara/Al Fatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Warga Kota Bukittinggi mengapresiasi layananan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang selalu mengedepankan pelayanan yang mudah, cepat dan setara kepada seluruh Peserta JKN.

Fajar, salah satu Peserta JKN yang berasal dari Sarojo, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi membagikan pengalamannya yang telah memanfaatkan Program JKN dalam hidupnya.

Fajar menyatakan bahwa ia telah menjadi peserta JKN sejak mengenyam pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) pada segmen mandiri (PBPU).

“Saya menjadi peserta JKN sejak saya duduk di bangku SMA. Ketika itu saya sering kali mendengar bahwa banyak orang yang terbantu ketika berobat menggunakan BPJS Kesehatan. Alhamdulillah ternyata orang tua saya sudah mendaftarkan seluruh anggota keluarga pada program JKN,” kata Fajar, Rabu (25/9).

Selanjutnya, Fajar juga setuju pada prinsip gotong royong yang diterapkan oleh BPJS Kesehatan pada Program JKN. Baginya, prinsip ini merupakan bentuk solidaritas antar sesama manusia, khususnya dalam melindungi kesehatan bersama.

“Saya sangat setuju dengan prinsip gotong royong dari Program JKN. Dengan alasan rasa kemanusiaan, membantu sesama merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Besar apresiasi saya untuk BPJS Kesehatan atas dedikasinya dalam meningkatkan derajat kualitas kesehatan,” ujarnya.

Salah satu hal yang paling berkesan bagi Fajar dari pengalamannya menggunakan JKN adalah ketika dirinya diberikannya pelayanan yang sangat baik dari faskes mitra BPJS Kesehatan.

“Semua setara adalah salah satu tagline yang diusung BPJS Kesehatan dan saya merasakan sekali hal tersebut diterapkan dalam pelayanan di fasilitas kesehatan dan tidak mendapatkan perbedaan tindakan atau perlakuan oleh petugas dan tenaga kesehatan," katanya.

Menurutnya, kanal layanan non tatap muka yang dihadirkan dalam Program JKN sangat mudah dan cepat untuk diakses peserta.

Mobile JKN dan Pandawa merupakan kanal layanan online yang paling sering ia gunakan untuk cek informasi dan administrasi.

“Saya sering memanfaatkan aplikasi Mobile JKN dan Pandawa. Saya pernah mengecek status kepesertaan, fasilitas kesehatan terdekat, serta mengakses kartu elektonik di kanal layanan online tersebut," katanya.

“Terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang selalu berinovasi untuk keberlangsungan dan keberlanjutan Program JKN. Saya yakin program JKN merupakan hal yang berharga bagi seluruh peserta dalam mendapatkan perlindungan kesehatan," pungkasnya.