Bupati Solok dukung peningkatan kualitas pondok pesantren

id Bupati dukung, peningkatan kualitas, pesantren, Kabupaten Solok

Bupati Solok dukung peningkatan kualitas pondok pesantren

Bupati Solok Epyardi Asda saat menerima kunjungan rombongan Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) se-Kabupaten Solok, Sumatera Barat. ANTARA/HO-Diskominfo Kota Solok.

Solok (ANTARA) - Bupati Solok Epyardi Asda mendukung terkait peningkatan kualitas serta mutu pendidikan pondok pesantren di Kabupaten Solok, Sumatera Barat salah satunya dengan mengalokasikan anggaran Pemda setempat untuk pondok pesantren.

Ha itu dikatakan Epyardi saat membahas Perpres Nomor 82 tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren di Solok, Kamis.

Bupati Solok juga menyambut kedatangan serta menerima aspirasi dari rombongan Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) se-Kabupaten Solok.

Lebih lanjut dikatakan, Perpres tersebut memberikan dasar hukum bagi pemerintah daerah untuk mengalokasikan dana anggaran untuk membantu pesantren.

Bantuan yang pemda berikan bisa berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sesuai kewenangan.

“Mengenai kebijakan tersebut, nanti akan kita pelajari lebih lanjut. Perpres tersebut tentunya menjadi dasar hukum bagi pemerintah daerah untuk mengalokasikan anggaran untuk pondok pesantren,” ujar dia.

Ia akan meminta anggota DPRD Kabupaten Solok bersama pemerintah daerah secara bersama bisa menindaklanjuti Perpres nomor 82 tahun 2021 tersebut dan melahirkan regulasi dalam bentuk Perda sebagai payung hukum agar bisa mengucurkan anggaran untuk membantu pesantren-pesantren yang ada di Kabupaten Solok.

“Harapan saya dengan adanya pertemuan FKPP hari ini semoga silaturahmi kita tetap terjaga serta kegiatan ini menjadi ladang amal bagi kita semua,” ujarnya.

Di samping itu, Ketua Rombongan Forum Komunikasi Pondok Pesantren se-Kabupaten Solok Tengku Rahmat Yulidurrahman menyampaikan aspirasi yang diusulkan oleh para Kepala Pondok Pesantren (Ponpes) terkait peningkatan kualitas serta mutu pesantren yang ada di Kabupaten Solok.

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas mengenai peluang kerja sama Ponpes dengan pemerintah Kabupaten Solok.

Ketua FKPP juga berterima kasih kepada bupati Solok yang sudah meluangkan waktu menjalin silahturahmi dengan FKPP se-Kabupaten Solok.