BPBD Padang gugah kesadaran lingkungan warga di tengah musim pancaroba

id BPBD,Padang,Sumbar,Bencana,Pancaroba

BPBD Padang gugah kesadaran lingkungan warga di tengah musim pancaroba

Personel BPBD Padang membersihkan material pohon tumbang yang menghambat akses jalan pada Rabu (21/2/2024). (ANTARA/HO-BPBD Padang).

Padang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang, Sumatra Barat (Sumbar) menggugah kesadaran lingkungan warga di tengah musim pancaroba yang terjadi di kota setempat.

"Dalam kondisi cuaca seperti ini kami mengajak kembali masyarakat agar peduli terhadap lingkungan, buanglah sampah pada tempatnya," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Padang Al Bana di Padang, Kamis.

Ia mengingatkan kepada warga agar tidak membuang sampah pada parit, selokan, atau sungai yang dapat menyumbat aliran air.

"Untuk persoalan sampah ini memang perlu kepedulian dari semua pihak, atas dasar kesadaran diri masing-masing," katanya.

Al Bana menyebutkan cuaca di Kota Padang akan mengalami musim pancaroba hingga 23 Maret 2024 sebagaimana prediksi BMKG.

Dalam masa pancaroba tersebut kondisi cuaca tidak tetap, dimana hujan lebat bisa mengguyur secara tiba-tiba usai cuaca panas.

"Ketika hujan turun dengan intensitas lebat maka berbagai potensi bencana alam bisa terjadi, salah satunya adalah banjir. Oleh karenanya perlu kepedulian dan kesadaran dari masyarakat terhadap lingkungan," jelasnya.

Ia mengatakan sosialisasi akan kesadaran lingkungan terus dilakukan oleh pihaknya termasuk oleh Pemerintah Kota Padang melalui program "Padang Bergoro".

Pada bagian lain, untuk mengantisipasi bencana alam yang mungkin terjadi BPBD Padang tekah menyiagakan puluhan personel serta peralatan yang diperlukan.

Berbagai potensi bencana yang diantisipasi adalah pohon tumbang yang telah terjadi dalam beberapa hari terakhir di kota setempat, banjir, serta tanah longsor.

"Khusus untuk bencana tanah longsor kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum untuk mengerahkan alat berat ketika dibutuhkan," jelasnya.

BPBD Padang mengimbau warga di kota setempat agar tetap meningkatkan kewaspadaan saat beraktivitas di tengah kondisi cuaca yang terjadi, demi menjaga keselamatan dan menekan risiko saat bencana terjadi.

Warga dapat memanfaatkan kanal pengaduan darurat milik Pemerintah Kota Padang melalui nomor 112, serta BPBD Padang di nomor 0751-778775, whatsapp di nomor 085891522181, dan radio komunikasi di 170.300 MHz untuk melaporkan kejadian bencana.

BPBD Padang juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menangani bencana seperti Satpol-PP, Pemadam Kebakaran, TNI, Polri, komunitas siaga bencana, dan lainnya.