UNAND-UNIDHA berkolaborasi pemberdayaan pengembangan usaha Tenun Unggan

id Unand, tenun unggan, dharma andalas

UNAND-UNIDHA berkolaborasi pemberdayaan pengembangan usaha Tenun Unggan

Foto bersama tim pengabdian masyarakat dengan perajin tenun unggan. (ANTARA/HO)

Padang (ANTARA) - Tim dari Universitas Andalas dan berkolaborasi dengan Universitas Dharma Andalas melakukan kegiatan pengabdian pada kerajinan Tenun Unggan, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Kegiatan ini diketuai oleh Prof.Dr. Ratni Prima Lita, SE.,MM .Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa Universitas Andalas.

Kegiatan ini dibiayai oleh pendanaan Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat skema Pemberdayaan Mitra Usaha Produk Unggulan Daerah.

Permasalahan pengelolaan usaha yang masih konvensional, sehingga kinerja yang Usaha Lansek Manih belum optimal.

Kegiatan pelatihan manajemen diadakan pada 8 September 2024 dengan peserta sekitar 25 orang.

Pada saat kegiatan juga disampaikan motivasi berwirausaha secara profesional. Uniknya kegiatan ini diikuti oleh pimpinan usaha dan perajin tenun Unggan.

Kegiatan pelatihan manajemen akan diikuti dengan pendampingan usaha, sehingga pengusaha bisa berkonsultasi mengenai kendala-kendala yang dihadapi dalam dunia usaha.

Kegiatan pelatihan dan pendampingan usaha juga didukung juga oleh mitra pemerintah daerah yaitu Ir.Yulizar, MP, Kepala Dinas Kabupaten Sijunjung melalui Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi, Usaha Kecil Menengah (Dagperinkop UKM).*