Pemprov Sumbar terima Digital Government Award SPBE Summit 2024

id SPBE,Sumbar,Mahyeldi

Pemprov Sumbar terima Digital Government Award SPBE Summit 2024

Sumbar menerima penghargaan Digital Government Award SPBE Summit 2024. ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar.

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menerima penghargaan Digital Government Award SPBE Summit 2024 untuk kategori Pencapaian Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) terbaik pada kategori provinsi.

"Sumbar mendapat penghargaan Digital Award SPBE Summit 2024 bersama dengan sembilan provinsi lain, berkat meningkatnya penilaian indeks Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik," kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat dihubungi dari Padang, Senin.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Senin.

Gubernur Mahyeldi juga mengapresiasi penyelenggaraan Digital Government Award SPBE Summit 2024 sebagai bagian dari upaya meningkatkan layanan publik dan administrasi pemerintahan melalui sistem elektronik.

“Dengan adanya penilaian ini, tentu akan mendorong dan memberikan inspirasi bagi pemerintah daerah untuk terus dapat memajukan SPBE-nya,” katanya

Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Sumbar Siti Aisyah menyampaikan, SPBE di Sumbar didukung penuh oleh seluruh OPD melalui 100 lebih aplikasi layanan publik dan layanan pemerintah secara digital.

"Aplikasi tersebut tujuannya untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan seperti perizinan, kesehatan dan informasi lainnya yang dibutuhkan masyarakat tentang program dan kinerja pemerintah," katanya.

Siti menambahkan, secara kategori, indeks SPBE Sumbar melonjak dari kategori baik 3,18 menjadi sangat baik yaitu 3,75.

"Ke depan yang harus dihadapi yaitu bagaimana meningkatkan pemberdayaan masyarakat digital agar dapat meningkatkan nilai tambah ekonomi masyarakat dan juga masalah blankspot," katanya.

Selain meningkatkan kerja sama program transformasi digital dengan Kementerian Kominfo, kabupaten dan kota, menurut Siti Aisyah, pihaknya saat ini juga tengah mengembangkan kerja sama dengan universitas dan perusahaan.

"Banyak program yang sedang dan sudah kita siapkan seperti program 1.000 start up, pengembangan infrastruktur dan taman digital, desa digital, dan lainnya," katanya.*