Pemkab Agam latih 240 pelaku UMKM kembangkan usaha

id Pemkab Agam

Pemkab Agam latih 240 pelaku UMKM kembangkan usaha

Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Agam Nelfia Fauzana sedang berdiskusi dengan staf, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Agam. Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat memberikan pelatihan bagi 240 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah itu pada 2024, dalam peningkatan pemahaman dan kemampuan pelaku untuk mengembangkan usaha mereka.

Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Agam Nelfia Fauzana di Lubuk Basung, Senin, mengatakan 240 peserta itu mengikuti pelatihan kewirausahaan dua angkatan dan pelatihan brending produk satu angkatan.

"Pelatihan kewirausahaan dengan peserta 120 orang dan pelatihan brending produk Rp120 orang," katanya.

Ia menambahkan peserta pelatihan itu berasal dari umum dan forum UKM dengan persyaratan belum pernah mengikuti pelatihan.

Sementara narasumber berasal dari orang yang berkompeten dan dari Dinas Koperasi dan UKM Agam.

"Pelatihan itu bakal kita adakan dalam waktu dekat," katanya.

Ia mengatakan pelatihan tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp371,39 juta.

Pelatihan itu dalam rangka untuk peningkatan pemahaman dan pengetahuan UMKM, serta kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia.

Lalu peningkatan ilmu kewirausahaan, sehingga usaha yang dijalankan mereka bisa bersaing dengan produk lainnya dan berkembang dengan baik.

"Ini target kita dalam pelatihan tersebut dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.