Kota Padang Panjang raih Top BUMD Award 2024

id TOP BUMD Award 2024,Pj. Wako Sonny. BP

Kota Padang Panjang raih Top BUMD Award 2024

Pj. Wako Sonny. BP bersama direktur RSUD dan Direktur Perumdam Tirta Serambi, terima lenghargaan Top BUMD Award 2024.

Padang Panjang (ANTARA) - Kota Pasang Panjang, Sumatera Barat suksea raih penghargaan bergengsi TOP BUMD Award 2024.

Penghargaan itu di antaranya kategori Top Pembina BUMD 2024 yang diterima Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, AP, M.Si. Top BUMD Award 2024 Bintang 4 diterima Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Serambi Kota Padang Panjang dan RSUD Kota Padang Panjang. Top CEO BUMD 2024 diterima Direktur Perumdam, Adrial A. Bakar, S.T dan Direktur RSUD Kota Padang Panjang dr. Lismawati R, M.Biomed, Sp.PA.

Pj. Walikota Sonny Budaya Putra, menyebutkan, penghargaan tersebut akan semakin menambah motivasi untuk terus bekerja dan memberikan yang terbaik untuk masyarakat Kota Padang Panjang.

"Alhamdulillah, kita sangat bersyukur dan berbahagia karena Padang Panjang berhasil mendapatkan beberapa kategori penghargaan di Top BUMD 2024 ini. Penghargaan ini merupakan sebuah penghargaan terbesar dan membanggakan di Indonesia," kata Sonny.

Atas keberhasilan tersebut, Sonny mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat baik ASN hingga masyarakat yang telah bekerja keras untuk mencapai penghargaan ini.

"Ini akan semakin memicu kita dalam meningkatkan motivasi, kinerja, layanan, inovasi dan daya saing serta layanan kepada masyarakat," kata dia.

Keseluruhan penghargaan tersebut diterima Pj. Wako Sonny, direktur RSUD dan direktur Perumdam Tirta Serambi di Dian Ballroom Hotel Raffles Jakarta, Ciputra World Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (20/3).

"Top BUMD Awards adalah satu-satunya kegiatan corporate rating (penilaian kinerja BUMD) yang penilaiannya dilakukan secara obyektif dan independen. Sebagai catatan, penghargaan kategori Top Pembina BUMD, diberikan kepada Gubernur/Bupati/ Wali Kota yang BUMD-nya mendapat penghargaan di predikat bintang tertentu. Dengan dasar penilaian bahwa keberhasilan BUMD tidak lepas dari peran, kontribusi, dan dukungan kepala pemerintahannya," jelas Sonny.

Sementara itu direktur RSUD Kota Padang Panjang, Lismawati menyebutkan, penghargaan bagi RSUD tersebut merupakan yang perdana pada Top BUMD Award ini, dan langsung terpilih mendapatkannya.

"Ini sungguh penghargaan luar biasa, karena baru pertama kali kita ikut langsung mendapatkan award," kata Lismawati.

Ia menjelaskan, sebelum penghargaan ini diraih ia beserta jajaran manajemen RSUD Kota Padang Panjang mengikuti presentasi secara daring pada Jumat, 29 Januari lalu. Dengan empat juri di antaranya Subandi (Universitas Budi Luhur/ praktisi consulting), Al Hadhy (LKN), Satya Arinanto (Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia), Ben de Haan dari MSI.

Dengan judul Presentasi, Implementasi Kinerja BLUD RSUD Kota Padang Panjang. Dipaparkan Lismawati terkait penerapan layanan dan kinerja serta inovasi-inovasi yang ada di RSUD.

"Kurang lebih kita memaparkan 14 inovasi terbaru yang ada di RSUD. Salah satunya Smart Hospital Satu Jam Saja dan 13 lainnya," jelas dia.

Sementara itu bagi Perumdam Tirta Serambi, seperti dijelaskan direkturnya Adrial menyebutkan, ini adalah penghargaan yang kedua kalinya bagi Perumdam Tirta Serambi yang diterima tahun lalu.

"Ini menjadi tantangan untuk selalu menjadikan pelayanan kepada pelanggan dan masyarakat semakin baik dan memuaskan lagi. Juga apresiasi atas kerja keras dan dedikasi jajaran Tirta Serambi yang operasionalnya semakin efektif dan efisien yang diakui di tingkat nasional," kata Adrial.

Penghargaan ini sejalan dengan prestasi Tirta Serambi menjadi BUMD Air Minum berkinerja tertinggi di Sumatera Barat pada 2023.

Dari 1.133 BUMD di Indonesia hanya sekitar 225 BUMD yang terseleksi memasuki babak final untuk presentasi akhir dengan tema Penguatan Tata Kelola dalam Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD.

Prof. Djohermansyah Johan, Ketua Juri Top BUMD Awards 2024, menjelaskan, lima kriteria BUMD yang mendapat penghargaan, yaitu kinerja bisnis yang tinggi, pengembangan bisnis berkelanjutan, berkontribusi bagi pembangunan daerah, sudah menerapkan tata kelola perusahaan yang baik dan menjadi role model bagi BUMD lain.

Top BUMD Awards merupakan ajang penghargaan tertinggi dan membanggakan bagi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Indonesia yang mempunyai prestasi melalui capaian kinerja terbaik di bidang pelayanan, tata kelola dan keuangan BUMD.