Wako Bukittinggi raih Pembina BUMD Terbaik dari Top Bussiness dan I-OTDA

id Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ,TOP Pembina BUMD Terbaik 2024,BPRS Jam Gadang

Wako Bukittinggi raih Pembina BUMD Terbaik dari Top Bussiness dan I-OTDA

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar meraih penghargaan nasional TOP Pembina BUMD Terbaik 2024 dari majalah TOP Bussiness dan Institut Otonomi Daerah (I-OTDA) (Antara/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar meraih penghargaan tingkat nasional TOP BUMD Awards 2024 yang dipersembahkan Majalah Top Bussiness dengan Institut Otonomi Daerah (I-OTDA) didukung beberapa lembaga, asosiasi dan konsultan.

"Prestasi ini tentunya menjadi sebuah bukti nyata bagaimana masyarakat harus dibantu dengan maksimal dan serius. Melalui program Tabungan Utsman, Pemkot tingkatkan permodalan dan bantu warga untuk keringanan dalam pembiayaan secara syariah," kata Erman Safar, Jumat.

Selain Wako sebagai Pembina BUMD terbaik, BPRS Jam Gadang juga diberikan penghargaan sebagai TOP BUMD Golden Trophy 2024 (bintang 5 selama 3 tahun berturut-turut) dan TOP BUMD Award 2024 BPRS Bintang 5 serta Direktur Utama, Feri Irawan, sebagai TOP CEO BUMD 2024. Penghargaan diserahkan di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (20/3).

Wako menegaskan BUMD harus bisa membantu pemerintah dan bermanfaat untuk masyarakat melalui kolaborasi untuk capai peningkatan kinerja dan bantu masyarakat.

"Dengan komitmen itu, Alhamdulillah, kita berhasil kembangkan BPRS Jam Gadang sampai mendapat penghargaan bintang lima, berpredikat luar biasa, sehingga BPRS Jam Gadang dapat menjadi contoh bagi BUMD lainnya di Indonesia. Terima kasih majalah Top Bussiness dan I-OTDA serta lembaga lainnya,” kata Wako.

Direktur I OTDA sekaligus ketua dewan juri, Djohermansyah Djohan menjelaskan, TOP BUMD Awards bertujuan untuk membangun ekonomi Indonesia, melalui percepatan pembangunan ekonomi daerah, dengan cara meningkatkan jumlah BUMD-BUMD Hebat atau BUMD-BUMD yang kinerjanya paling top di Indonesia.

"Diharapkan dengan TOP BUMD Award ini, semakin banyak bermunculan BUMD hebat, yakni BUMD-BUMD yang terus melakukan perbaikan dalam pengelolaan usahanya, dapat lebih berkontribusi dalam pembangunan ekonomi di daerah maupun di tingkat nasional," kata dia.

Sementara itu Komisaris Utama BPRS Jam Gadang, Rismal Hadi menyampaikan, PT. BPRS Jam Gadang, terus berkembang dengan 2023 lalu raih perolehan laba sebelum pajak dan zakat mencapai Rp 2,2 miliar atau 114.08 persen dari target yang direncanakan.

Pembiayaan syariah Tabungan Utsman, sejak awal dilaunching pada 2022 lalu hingga kini telah dimanfaatkan oleh 3500 lebih warga dengan pembiayaan sekitar Rp30 milyar. Melalui program ini, Pemko fokus untuk meningkatkan program kemasyarakatan, dengan melibatkan penuh BPRS Jam Gadang.

“Alhamdulillah, program ini terbukti meningkatkan perekonomian warga. Ternyata tidak sampai disitu saja. Majalah Top Bussiness, menilai, perkembangan BPRS Jam Gadang, sejak beberapa tahun terakhir, terutama saat adanya Tabungan Utsman, sangat cepat. Untuk itu, lagi dan lagi kita mendapat penghargaan bergengsi ini. Alhamdulillah,” pungkasnya.