Pemkot Payakumbuh akan gelar pelatihan bagi pemuda tekan pengangguran

id Keahlian, BLK, Payakumbuh

Pemkot Payakumbuh akan gelar pelatihan bagi pemuda tekan pengangguran

Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman. ANTARA/HO-Pemkot Payakumbuh

Payakumbuh (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat melalui UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) akan menggelar program pelatihan keahlian bagi pemuda untuk menekan angka pengangguran.

"UPTD BLK yang berada di bawah Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh menjadi salah satu ujung tombak untuk menekan angka pengangguran melalui pelatihan keahlian ini," kata Penjabat Wali Kota Payakumbuh, Jasman di Payakumbuh, Senin.

Ia menyebut angka pengangguran di Payakumbuh pada tahun 2023 tercatat 4,84 persen atau sebanyak 3.770 orang dari 77.907 angkatan kerja.

Menurutnya dengan berbagai keahlian yang diberikan di BLK, generasi muda di Payakumbuh memiliki peluang lebih besar untuk bisa terserap dunia kerja.

"Bahkan jika memungkinkan, kita mendorong agar mereka bisa membuka lapangan kerja sendiri. Sekarang banyak pembiayaan seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang mudah diakses untuk permodalan," ujarnya.

Jasman menilai kemampuan generasi muda Payakumbuh tidak kalah dengan daerah lain jika diberikan berbagai ketrampilan.

"Ke depan kita akan mengupayakan untuk mengembangkan program-program seperti ini agar semakin banyak generasi muda yang bisa mengakses dan menambah skill dan kemampuan," katanya.

Menurutnya program mengentaskan pengangguran selaras pula dengan harapan Pemkot Payakumbuh yang terus berupaya untuk menekan angka kemiskinan di daerah itu.

"Semakin berkurang pengangguran, akan semakin berkurang pula angka kemiskinan karena ini linear," ujarnya.