BPBD Sumbar : Media massa punya peran penting dalam mitigasi bencana

id bencana,mitigasi,BPBD Sumbar,Hidayat

BPBD Sumbar : Media massa punya peran penting dalam mitigasi bencana

Bimbingan Teknis Jurnalistik Kebencanaan bagi Wartawan Media Televisi, Cetak, Elektronik dan Media Online di Padang. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Media massa memiliki peran penting dalam penguatan mitigasi bencana, terutama di daerah yang memiliki potensi bencana yang tinggi seperti Sumatera Barat.

"Pemerintah daerah telah melakukan sejumlah upaya untuk sosialisasi memperkuat mitigasi bencana. Media juga memiliki peran penting dalam hal itu," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Fajar Sukma di Padang, Kamis.

Fajar di Bimbingan Teknis Jurnalistik Kebencanaan bagi Wartawan Media Televisi, Cetak, Elektronik dan Media Online di Padang, mengatakan media massa memiliki jangkauan luas sehingga sangat efektif dalam menyebarluaskan informasi tentang penguatan mitigasi bencana di daerah.

"BPBD membutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk mitigasi ini, salah satunya dari media massa," katanya.

Saat ini tujuh kabupaten dan kota berada di pesisir pantai di Sumbar yang terancam megatrust dan gelombang tsunami. Sementara daerah darat memiliki ancaman gempa yang berasal dari sesar semangko.

Sumbar juga memiliki potensi ancaman gelombang air laut, banjir dan longsor karena itu kesiapsiagaan menjadi penting.

"Sumbar memang masuk daerah yang memiliki zona risiko tinggi bencana,” katanya.

Ia mengatakan BPBD Sumbar terus menggencarkan sosialisasi dan pelatihan kebencanaan serta penanganan setelah bencana bagi siswa dan masyarakat.

Sementara itu anggota Komisi V DPRD Sumbar, Hidayat menilai masyarakat Sumbar masih gagap dalam menghadapi situasi bencana.

Hal itu terlihat dari banyaknya masyarakat yang lari berbondong-bondong saat terjadi gempa. Hal itu sering pula menimbulkan bencana baru seperti kecelakaan lalulintas.

Karena itu, ia menilai peran pers sangat penting untuk memberikan penguatan dan pemahaman kebencanaan bagi masyarakat.*