Kemendikbudristek tunjuk Unand sebagai koordinator CASN wilayah Sumbar

id Universitas Andalas, casn, tea CPNS

Kemendikbudristek tunjuk Unand sebagai koordinator CASN wilayah Sumbar

Perencana Ahli Madya Unit Biro Perencanaan dan Organisasi Badan Kepegawaian Negara Achmad Yusaq di Padang, Senin, (13/11/2023). ANTARA/Muhammad Zulfikar.

Padang (ANTARA) - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menunjuk Universitas Andalas (Unand) Sumatra Barat sebagai koordinator pelaksanaan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) 2023 wilayah Sumbar.

"Selain melibatkan enam institusi pendidikan, media massa juga dilibatkan untuk membantu mengawal dan menyukseskan CASN 2023," kata Perencana Ahli Madya Unit Biro Perencanaan dan Organisasi Badan Kepegawaian Negara Achmad Yusaq di Padang, Senin.

Keenam institusi gabungan pelaksanaan CASN di wilayah Sumbar yakni Unand, Universitas Negeri Padang, Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Politeknik Negeri Padang, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, dan LLDikti Wilayah X.

Khusus di Unand, ujian CASN dilaksanakan di tiga titik yakni Fakultas Farmasi, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Khusus di Fakultas Ekonomi dan Bisnis masyarakat umum tidak diizinkan masuk mengingat adanya proses belajar mengajar.

"Yang bisa masuk hanya peserta ujian CASN. Tapi, hasil ujian dapat dimonitor di Fakultas Kedokteran termasuk melalui kanal YouTube yang telah disiapkan," ujarnya.

Ia mengatakan Badan Kepegawaian Negara bersama panitia pelaksana CASN memastikan setiap tahapan berjalan transparan. Mulai dari pendaftaran, seleksi hingga pengangkatan dapat dipantau secara terbuka dan real time.

Sementara itu, Wakil Rektor III Unand Bidang Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi, Insannul Kamil mengatakan seleksi CASN dilaksanakan selama tiga hari terhitung 13 hingga 15 November 2023.

Khusus di Unand, ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) CASN diikuti oleh 3.374 peserta. Rinciannya SKD CPNS berjumlah 2.881 orang, SKD PPPK tenaga kesehatan 195 orang, dan PPPK teknis 298 orang.

Ia mengatakan selama pelaksanaan seleksi CASN, Unand telah berkoordinasi dengan perusahaan listrik negara (PLN) setempat untuk memastikan pasokan atau aliran listrik terjaga dengan baik.

"Seminggu terakhir Unand telah menyiapkan berbagai hal seperti komputer, jaringan internet, sistem hingga berkoordinasi dengan PLN untuk jaminan aliran listrik selama ujian berlangsung," ujarnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendikbudristek tunjuk Unand sebagai koordinator CASN wilayah Sumbar