Pemkab Pasaman Barat kukuhkan 450 tenaga Linmas jaga keamanan

id Kukuhkan tenaga lindung masyarakat jaga keamaman

Pemkab Pasaman Barat kukuhkan 450 tenaga Linmas jaga keamanan

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto saat mengukuhkan satuan perlindungan masyarakat (Linmas) di Simpang Empat, Selasa (26/9/2023). Antara/Altas Maulana.

Simpang Empat,- (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mengukuhkan sebanyak 450 orang satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) dalam rangka membantu pemerintah dalam menjalankan program dan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Anggota Satlinmas itu tersebar di 90 nagari atau desa adat yang ada. Mereka direkrut dari masyarakat setempat," kata Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto di Simpang Empat, Selasa.

Ia mengatakan Satlinmas itu nanti diharapkan berpartisipasi dalam program pemerintah daerah demi menciptakan suasana yang aman, damai dan tentram di Pasaman Barat.

"Satlinmas itu berfungsi untuk menjaga keamanan serta membantu anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dalam operasional keamanan di Pasaman Barat," katanya.

Menurutnya keamanan merupakan tanggung jawab bersama. Satlinmas nantinya akan berkoordinasi dengan Satpol PP dalam rangka menjaga keamanan di tengah-tengah masyarakat.

"Terlebih sebentar lagi kita akan melaksanakan pemilu. Peran Satlinmas sangat penting ikut menyukseskan pemilu," katanya.

Ia mengimbau seluruh masyarakat terutama anggota Satlinmas untuk mengamankan serta menjaga ketertiban pada tahapan pemilu yang sedang berjalan.

"Kepada Satpol PP Pasaman Barat diharapkan dapat menganalisa kembali hal-hal yang belum terpenuhi dalam proses keamanan di Pasaman Barat," ujarnya.

Ia menjelaskan menjelang pelaksanaan pemilu tentu faktor keamanan menjadi perhatian khusus bagi semua pihak.

"Faktor keamanan harus menjadi perhatian semua pihak. Kita menginginkan situasi aman dan damai," harapnya.