Gubernur : Kontingen Pornas Korpri Sumbar kedepankan semangat persatuan

id Pornas Korpri Sumbar

Gubernur : Kontingen Pornas Korpri Sumbar kedepankan semangat persatuan

Gubernur Sumbar, Mahyeldi lepas kontingen Pornas Korpri Sumbar. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Kontingen Pekan Olahraga Nasional (Pornas) ke-16 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Sumatera Barat yang akan berlaga Semarang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) pada 13-23 Juli 2023 diminta untuk mengedepankan semangat persatuan dan kekeluargaan.

"Prestasi adalah hal yang harus diupayakan semaksimal mungkin, tetapi semangat persatuan dan kekeluargaan harus dikedepankan," kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat melepas kontingen Sumbar di Padang, Senin.

Ia mengatakan Korpri adalah organisasi yang terhormat, karena itu harus bisa menunjukkan keteladanan kepada semua pihak bagaimana cara berkompetisi tanpa membuat perpecahan antara sesama kontingen atau antarkontingen.

"Adrenalin selama pertandingan pasti akan terpacu, tetapi harus tetap dalam kerangka menjaga nama baik daerah dan organisasi," ujarnya.

Sementara itu Ketua Kontingen Pornas Korpri Sumbar, Meifrizon mengatakan Pornas Korpri ke-16 akan diikuti kontingen dari 34

pemerintah daerah provinsi dan 106 kementerian dan lembaga.

"Akan ada 10 cabang perlombaan dan 50 nomor perlombaan yang akan dipertandingkan selama 10 hari," katanya.

Ia menyebut proses seleksi dan persiapan bagi atlet yang ikut dalam kontingen tersebut telah dilakukan dengan semaksimal mungkin melalui Badan Pembina Olahraga (Bapor) Korpri Sumbar bekerjasama dengan Dewan Pengurus Korpri kabupaten/kota/unit provinsi.

Dari hasil seleksi ditetapkan kontingen Sumbar yang akan mengikuti Pornas berjumlah 152 orang dengan rincian 124 orang atlet, 11 pelatih, dan 17 orang official.

Ia menyebut meskipun dengan keterbatasan anggaran, ASN Sumbar tetap bersemangat untuk ikut berpartisipasi dalam perhelatan nasional guna mengharumkan nama daerah itu.

Dimulai dari tahapan seleksi dan sesi latihan, pada umumnya dilaksanakan secara swadaya dan bantuan dari beberapa pihak.

Demikian juga dengan biaya keberangkatan para atlet, pelatih dan ofisial ke Semarang nanti yang dibiayai oleh Korpri kabupaten/kota dan unit provinsi serta instansi asal masing-masing PNS.

Dewan Pengurus Korpri Sumbar juga ikut memberikan dukungan dengan menyediakan pakaian defile, pakaian tanding, tas dan

perlengkapan, konsumsi selama pertandingan, transportasi lokal di lokasi acara serta asuransi bagi seluruh anggota kontingen.*