Dua KRI TNI AL kirim bantuan untuk korban longsor di Serasan Natuna

id longsor serasan,batuan longsor natuna,KRI TNI AL

Dua KRI TNI AL kirim bantuan untuk korban longsor di Serasan Natuna

KRI Bontang 907 saat berada di Paslabuh Selat Lampa, Natuna, Kepri, Selasa. (ANTARA/HO-Dispen Lanal Ranai)

Natuna (ANTARA) - TNI Angkatan Laut kerahkan KRI Imam Bonjol - 383 dan KRI Bontang - 907 membawa Personil Lanal Ranai, prajurit Satgas Kompi Komposit Marinir IV Natuna, para relawan dan instansi terkait menuju Pulau Serasan untuk mendukung evakuasi korban bencana tanah longsor.

"Dalam penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dalam kutipannya "Jaga soliditas TNI dan perkokoh sinergitas dengan Polri, Kementerian/lembaga dalam melaksanakan tugas," kata Komandan Lanal Ranai, Kolonel Laut (P) Arif Prasetyo I di Natuna, Selasa.

Ia juga menyampaikan usai terjadi bencana longsor menggunakan KRI Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai mengerahkan 20 personel, dukungan kesehatan dan bahan kontak untuk membantu korban yang terdampak bencana alam tersebut.

Baca juga: Ratusan korban tanah longsor di Natuna yang mengungsi butuh bantuan

Baca juga: BNPB mencatat peningkatan bencana terjadi di penghujung musim hujan 2023


Selain itu, Lanal Ranai mendirikan Posko Becana Alam Pulau Serasan di Mako Lanal Ranai dan di Faslabuh TNI AL Selat Lampa untuk penyaluran bantuan sosial, posko kesehatan, posko evakuasi dan Siaga Bencana di Pulau Serasan.

Ia juga mengatakan saat ini ada beberapa titik yang terdampak akibat bencana longsor tersebut, dan Lanal Ranai mengerahkan personel sebagai dukungan kesehatan untuk masyarakat di Pulau Serasan.

"Lanal Ranai siap mengerahkan personel tambahan bila dibutuhkan guna mendukung kegiatan Satgas Bencana longsor di Pulau Serasan," ujarnya.

Selain bantuan personel, kedua KRI tersebut juga diperuntukkan bagi para keluarga korban yang berada di Ranai untuk berangka ke Serasan dan mengangkut logistik bantuan bagi korban.

KRI tersebut bertolak ke Serasan melalui Pelabuh TNI Angkatan Laut di Selat Lampa. Selain KRI Imam Bonjol dan KRI Bontang kapal cepat milik Pemkab Natuna juga telah bersiap membawa bantuan logistik bagi para korban.

Baca juga: Satu kampung tertimbun longsor di Natuna, korban jiwa belum dipastikan

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: TNI AL kerahkan dua KRI kirim bantuan korban longsor di Serasan