PSSI Sumbar seleksi pemain di enam daerah hadapi Porwil Sumatera

id Sumbar,sepakbola,Porwil

PSSI Sumbar seleksi pemain di enam daerah hadapi Porwil Sumatera

Ketua Asprov PSSI Sumbar Indra Dt Rajo Lelo (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang (ANTARA) - Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumatera Barat akan menggelar seleksi calon pemain sepak bola Sumbar pada ajang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera Oktober 2023.

Ketua Asprov PSSI Sumbar H Indra DT Rajo Lelo di Padang, Sabtu, mengatakan rencana seleksi akan dilakukan di enam kota/kabupaten yakni Kota Padang, mungkin di Bukittinggi, Payakumbuh, Pasaman, Sijunjung, dan Pariaman.

"Kita sudah melakukan rapat dengan seluruh Exco, ada beberapa orang yang datang, dengan pengurus. Kita sudah siapkan direktur teknik PSSI Sumbar kita pilih Jhon Arwandi untuk memimpin seleksi ini," kata dia.

Menurut Indra seleksi itu akan digelar pada minggu besok dan sudah masuk tahap perencanaan. Namun karena masih dalam suasana Idul Adha tentu pihaknya memahami kesibukan pengurus atau para pelatih dan direktur teknik.

“Dalam minggu besok ini akan dimaksimalkan lagi," katanya menambahkan.

Asprov PSSI Sumbar belum memutuskan pelatih kepala dan jajaran asisten tim sepak bola Sumbar yang akan tampil di Porwil Sumatera di Riau pada Oktober, sekaligus ajang Pra-PON 2024.

"Masalah pelatih akan menyusul. Sementara dikomandoi oleh Direktur Teknik Bapak Jhon Arwandi dan dibantu beberapa pelatih yang ada di Sumbar. Itu tim penyeleksinya. Mudah-mudahan, kita dapatkan pemainnya dulu, baru kita gabung dan diberikan ke pelatihnya," kata dia.

Selanjutnya jika ada pemain yang tidak masuk dalam seleksi atau muncul pemain-pemain baru dan berkualitas, nanti bisa disisipkan ke dalam tim.

"Jadi tidak harus, misalnya dapat pemain 60 orang, setelah itu tidak bisa menambah pemain, ya tidak seperti itu juga. Kalau ada yang tercecer akan kita gabungkan ke dalam tim. Yang penting, kita harus panggil setiap daerah meminta Askab dan Askot nya untuk mengirimkan pemain. Bisa juga diambil beberapa orang pemain,” katanya .

Ia meyakini banyak pemain Sumatera Barat yang berkualitas di tiap daerah, tinggal bagaimana jajaran pelatih mengemas dan meracik tim sehingga target yang dibidik Asprov PSSI Sumbar tercapai.

Selain pemain, ia memastikan telah berkomunikasi dengan sejumlah tokoh Sumbar dari kalangan birokrat dan pengusaha yang akan menjadi manajer alias pengelola tim sepakbola Porwil (Pra-PON) Sumbar.

“Manajemen langsung Asprov PSSI Sumbar saja. Sudah ada gambaran calon-calon manajer tim. Telah kita komunikasikan dengan wakil walikota, termasuk kepala dinas di provinsi yang juga Exco. Termasuk ada pula pengusaha-pengusaha Sumbar,” kata dia.