Tuanku Mustika Yana: Pasaman Barat punya energi luar biasa, energi SDA dan anak muda

id Tuanku Mustika Yana,DPC Partai Gerindra Pasaman Barat,Pilkada 2024 pasbar,Berita pasbar,Berita sumbar

Tuanku Mustika Yana: Pasaman Barat punya energi luar biasa, energi SDA dan anak muda

Tuanku Mustika Yana Yang Dipertuan Kinali (tengah) saat mengembalikan dokumen persyaratan Bakal Calon Bupati Pasbar di Partai Gerindra yang disambut oleh Sekretaris Yulneri dan Bendahara Meilizar Dt Sampono serta anggota DPRD Provinsi terpilih dari Gerindra Ade Putra, Jumat (10/5/2024). Antara/Altas Maulana

Simpang Empat (ANTARA) - Bakal Calon Bupati Pasaman Barat, Sumatera Barat Tuanku Mustika Yana Yang Dipertuan Kinali menilai Pasaman Barat memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang bisa menjadi energi dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Pasaman Barat memiliki potensi perkebunan, pertanian, pariwisata dan agribisnis. Tinggal bagaimana komitmen dalam mengelolanya untuk kesejahteraan masyarakat," kata Mustika Yana usai menyerahkan dokumen persyaratan bakal calon bupati ke Partai Gerindra Pasaman Barat, Jumat.

Menurutnya melihat potensi Pasaman Barat yang belum terkelola maksimal ini maka dia memutuskan untuk maju menjadi calon bupati pada Pilkada 2024.

Dia ingin membawa Pasaman Barat maju, religius, cerdas dan sejahtera dengan melibatkan potensi yang ada.

Apalagi dia menilai Pasaman Barat banyak memiliki anak-anak muda hebat. Anak muda itu akan menjadi energi luar biasa kalau mereka dilibatkan dalam pembangunan sesuai keahlian masing-masing.

"Surplus sumber daya alam menjadi berkah bagi Pasaman Barat. Saatnya dikelola dengan maksimal sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat," sebutnya.

Untuk itu ia memiliki misi menciptakan reformasi birokrasi yang efektif, profesional, akuntabel untuk mewujudkan pemerintahan yang baik, benar, dan bersih.

Lalu mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdaya saing tinggi dan religius.

"Optimalisasi kualitas pelayanan publik khususnya di bidang kesehatan dan pendidikan harus ditingkatkan," ujarnya.

Selanjutnya meningkatkan kemandirian dan daya saing ekonomi masyarakat berbasis potensi ekonomi lokal melalui sektor agribisnis, perikanan, pariwiwsata, dan industri berwawasan lingkungan.

"Kita ingin menjalankan "One Village One Product" atau OVOP yakni suatu pendekatan pengembangan potensi daerah di satu wilayah untuk menghasilkan satu produk kelas global yang unik khas daerah dengan memanfaatkan sumber daya lokal," jelasnya.

Ia juga memiliki misi meningkatkan kualitas lingkungan hidup, infrastruktur dan pengelolaan risiko bencana.

Tentunya akan memperkuat otonomi nagari dalam rangka mewujudkan kemandirian masyarakat dan nagari serta menguatkan dan meningkatkan eksistensi adat dan budaya.

"Semua itu tentu harus didukung semua pihak. Makanya berprinsip "basamo mangko kajadi" (bersama makanya menjadi), ia yakin Pasaman Barat akan maju, religius, cerdas dan sejahtera," katanya.

Keseriusannya untuk maju di Pilkada 2024 terbukti telah mendaftar di enam partai politik yang ada yakni Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Nasdem, PAN, PKB dan Gerindra.

Di Partai Gerindra hari ini Jumat (10/5) Tuanku Mustika Yana disambut oleh pengurus Ketua DPC Gerindra Pasaman Barat Erianto didampingi Sekretaris Yulneri dan Bendahara Meilizar Dt Sampono serta anggota DPRD Provinsi terpilih dari Gerindra Ade Putra.

"Kami sangat mengapresiasi keseriusan Tuanku Mustika Yana terhadap Partai Gerindra yang melengkapi dokumen persyaratan," kata Ketua DPC Partai Gerindra Pasaman Barat Erianto. ***2***