SPFC berharap renovasi GHAS bisa dimulai pertengahan Mei 2024

id SPFC,Gor Agus Salim,Padang,Kabau Sirah,Bola,Liga 1,Semen Padang,Sumbar,Markas,Home base

SPFC berharap renovasi GHAS bisa dimulai pertengahan Mei 2024

Arsip - Tim SPFC saat berlaga di Gor H Agus Salim Padang. ANTARA/HO-SPFC.

Padang (ANTARA) - CEO Semen Padang FC Win Bernadino berharap renovasi Gor Haji Agus Salim (GHAS) Padang untuk dijadikan kandang tim sepakbola kebanggaan warga Sumatera Barat itu bisa dimulai pada pertengahan Mei 2024.

"Kita berharap renovasinya bisa segera dilaksanakan. Kalau bisa pertengahan Mei 2024 sudah mulai agar bisa mengejar waktu, karena kemungkinan Agustus 2024, Liga 1 sudah bergulir," katanya di Padang, Sabtu.

Ia menyebutkan, pihaknya sudah menyediakan anggaran untuk renovasi. Surat permohonan Memorandum of Understanding (MoU) antara Semen Padang FC tentang rencana renovasi GHAS juga sudah dimasukkan ke Pemprov Sumbar sejak Jumat 3 Mei 2024.

"Komunikasi terakhir dengan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, surat tersebut sudah diproses dan sekarang tengah ditelaah di Biro Hukum Setdaprov Sumbar," katanya.

Win Bernadino menyebut pihaknya memahami dan memaklumi jika proses administrasi di Pemprov Sumbar membutuhkan waktu agar tidak ada aturan yang dilanggar.

"Jadi posisi kita sekarang memang menunggu surat tersebut sebagai pegangan untuk memulai renovasi GHAS," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar Maifrizon mengatakan, Gubernur Sumbar Mahyeldi telah menegaskan dukungan pemerintah daerah agar SPFC berkandang di GHAS.

"Karena itu setelah SPFC memasukkan surat MoU pada 3 Mei 2024, langsung kita proses. Sekarang sedang ditelaah di Biro Hukum Setdaprov Sumbar," katanya.

Ia menyebutkan pihaknya tidak mau bermain-main dalam persoalan aset, termasuk untuk GHAS, karena jika tidak sesuai aturan bisa menjadi temuan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

"Karena itu kita tidak hanya mengejar waktu, tetapi juga harus taat aturan," katanya.

Sebelumnya, Semen Padang FC sudah menyiapkan rencana perbaikan agar GHAS bisa menjadi kandang tim itu pada Liga 1.

Tahap awal perbaikan akan dilakukan untuk 19 item di antaranya perbaikan ruang ganti, ruang pelatih, ruang medis, ruang wasit, penambahan ruang Video Assistant Referee (VAR), perbaikan ruang press conference, ruang media, lorong pemain, ruang medis pinggir lapangan.

Kemudian, drainase Lorong pemain, drainase Lapangan, perbaikan rumput lapangan, pagar pembatas lapangan dengan tribun, toilet tribun VIP, Mushala, perbaikan atap tribun VIP, ganti talang air atap VIP, dan memperbaiki kanopi luar tribun VIP.*