Dibuka Wagub Audy Joinaldy, delapan klup sepakbola berlaga dalam Kejurprov 2024

id Kejurprov Sumbar 2024,Audy Joinaldy,Maifrizon

Dibuka Wagub Audy Joinaldy, delapan klup sepakbola berlaga dalam Kejurprov 2024

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy membuka secara resmi Kejurprov Sepakbola 2024 di Limapuluh Kota. (ANTARA/HO-Disparpora Sumbar)

Sarilamak (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy menilai Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Sepakbola U23 tahun 2024 yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga merupakan wadah untuk memperkuat iklim persepakbolaan di daerah.

"Turnamen merupakan salah satu cara untuk menguji dan meningkatkan kemampuan pemain. Ini akan menciptakan iklim persepakbolaan yang baik guna menyemai bibit atlet berkualitas di daerah," katanya di Padang, Senin.

Ia menyebut potensi bibit pesepakbola di Sumatera Barat cukup banyak. Hampir dalam semua Tim Nasional dari berbagai kelompok umur selalu ada pemain asal Sumbar.

"Potensi ini harus kita kembangkan salah satunya dengan memperkuat iklim persepakbolaan di daerah," ujarnya.

Ia mengatakan Pemprov Sumbar sangat mendukung kegiatan-kegiatan sepakbola yang digelar oleh masyarakat. Untuk itu, Pemprov Sumbar terus menggelar berbagai kejuaraan sepakbola.

Dukungan untuk kegiatan tersebut juga disampaikan Anggota DPRD Sumbar, Drh. Nela Abdika Zamri. Anggota DPRD dari Partai Golkar tersebut mendukung Pemprov, melalui Dispora Sumbar menggelar kejuaraan provinsi sepakbola.

“Kita berharap turnamen ini bisa melahirkan bibit-bibit pesepakbola hebat di masa depan nanti yang akan membawa nama baik Sumbar di kancah nasional,"katanya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Maifrizon didampingi Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Elvis mengatakan Kejurprov yang digelar tersebut diikuti oleh delapan klub dari berbagai daerah di Sumatera Barat.

Klub tersebut terdiri dari Payakumbuh Select, Three Boy Sijunjung, Bukittinggi Selection, GMR FC Tanah Datar, Lima Kaum FC, Suayan FC, Padang Panjang Select dan Fauzitama FC.

Kejuaraan berlangsung dari tanggal 2 hingga tanggal 7 Mei Lapangan Saraso Nagari Suayan, Kecamatan Akabiluru Kabupaten Limapuluh Kota.

Kejuaraan yang memperebutkan hadiah total Rp35,5 juta itu dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy tersebut digelar 2-7 Mei 2024 di Lapangan Saraso Nagari Suayan, Kecamatan Akabiluru Kabupaten Limapuluh Kota.*