BEM Keluarga Mahasiswa PNP menggelar PKM 2024, beragam lomba

id PNP, BEM, pekan kreativitas mahasiswa

BEM Keluarga Mahasiswa PNP menggelar PKM 2024, beragam lomba

Kepala Biro ANTARA Sumbar Irwan menerima Panitia Pelaksana PKM BEM PNP. (ANTARA/Laras)

Padang (ANTARA) - Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Politeknik Negeri Padang (PNP) menggelar kembali pekan kreatifitas mahasiswa di semester genap 2024 dengan mengangkat tema "Sinergi Kreativitas dan Profesi Membangun Karir Melalui Inovasi".

Kegiatan tahunan yang digelar BEM PNP berlangsung selama sepakan mulai sejak 29 April hingga 3 Mei 2024, yang rencananya dibuka oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi, kata Ketua Pelaksana kegiatan Aditya Ardana Darilva di Padang, Senin.

Hal disampaikan panitia pelaksana saat bertemu Kepala Biro Antara Sumbar di Padang.

Ia menyampaikan, pihak telah melakukan audensi dengan gubernur, dan bersedia untuk membuka secara resmi acara tersebut, selama tidak kegiatan urgensi atau kedatangan tamu dari instansi pusat.

Selama pelaksanaan kegiatan ini, kata Aditya menyebutkan pihak menggandeng sejumlah sponsorship untuk menunjang kelancaran kegitaan, dan fhatner terutama dalam bidang publikasi kepada piblik.

Jadi, PKM PNPmerupakan sebuah acara tahunan dilaksanakan tiap semesternya yang dirancang untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berekspresi dan menunjukkan bakat serta kreativitas mereka di luar

lingkup akademik.

Ia menyebutkan, dalam acara ini seluruh organisasi mahasiswa yang ada di PNP untuk menunjukkan komitmen dalam mengapresiasi nilai-nilai sejarah, dan mengimplemenrasikan dalam bentuk inovasi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

PKM Politeknik Negeri Padang bukan hanya sekedar mengalihkan proses belajar mengajar, tetapi lebih dari itu, acara ini merupakan wadah bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan positif yang menunjang pengembangan diri dan keterampilan mereka.

Dalam ruang lingkup kegiatan di dalam ruangan, mahasiswa dapat mengikuti berbagai perlombaan seperti lomba mengetik cepat, lomba pidato, puisi, dan lomba mengaji dan lainnya.

Selain itu, juga diselenggarakan kelas dan seminar-semninar yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa di berbagai bidang.

Sementara itu, kegiatan di luar ruangan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berpartisipasi dalam perlombaan olahraga seperti lomba memanah dan menembak, serta games kreatif lainnya.

Tak hanya itu, mahasiswa juga dapat menampilkan kreativitas mereka melalui kegiatan pencucian motor, pameran tugas akhir, dan pameran proyek pembuatan alat dan mesin.

Ia mengungkapkan, salah satu hal yang menarik dari PKM Politeknik Negeri Padang adalah adanya stand -stand yang dihiasi dan didekorasi dengan tema pahlawan untuk reformasi dan inovasi.

PKM ini salah satu bukti nyata dari semangat kolaborasi dan kreativitas yang tinggi di kalangan mahasiswa. Secara keseluruhan, PKM Politeknik Negeri Padang tidak hanya menjadi ajang hiburan semata, tetapi juga sebagai sarana pembelajaran dan pengembangan diri bagi mahasiswa.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat tercipta generasi muda yang kreatif, inovatif, dan siap bersaing dalam era globalisasi," harapnya.

Kepala Perum LKBN Antara Biro Sumbar Irwan menyambut baik adanya keinginan kolaborasi yang melibatkan media massa. Pihaknya akan menurunkan tim publikasi ke kegiatan yang digelar oleh PKM PNP.

Melalui adanya dukungan publikasi, menurut dia, semoga kegiatan dengan banyak rangkaian sepekan ke depan menjadi wadah mahasiswa lain dan pengunjung datang ke kampus PNP di Limau Manis Padang.

"Semoga kegiatan yang diselenggarakan dapat berjalan lancar, dan sesuai dengan apa yang menjadi harapan BEM PNP," ujarnya.*