Polres Pasaman Barat tangkap empat orang diduga pengedar narkoba

id Penangkapan pengedar narkoba

Polres Pasaman Barat tangkap empat orang diduga pengedar narkoba

Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Pasaman Barat saat menangkap pelaku diduga pengedar narkoba jenis ganja di Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas. (ANTARA/HO-Humas Polres Pasaman Barat). 

Simpang Empat,- (ANTARA) - Kepolisian Resor Pasaman Barat, Sumatera Barat menangkap empat orang pengedar narkoba jenis ganja kering di Jorong Kampung Padang Utara, Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas dan menyita ratusan paket daun ganja siap edar.

Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto didampingi Kepala Satuan Resnarkoba AKP Eri Yanto di Simpang Empat, Jumat, mengatakan keempat pelaku itu adalah inisial ED (37), AH (26), DD (32) dan ZA (19).

"Pelaku kita tangkap pada Kamis (9/5) sekitar pukul 03.00 WIB dini hari. Sekarang baru kita ekspos karena kemarin ada pengembangan," katanya.

Kepala Satuan Resnarkoba Polres Pasaman Barat AKP Eri Yanto mengatakan penangkapan terhadap empat pelaku berawal dari keresahan masyarakat terkait maraknya transaksi narkoba di lokasi itu.

"Petugas langsung turun ke lokasi untuk melakukan penyelidikan yang dibantu oleh personel Polsek Sungai Beremas," katanya.

Pihaknya memperoleh informasi dua orang diduga sebagai pengedar ganja kering berinisial ED dan AH. Selanjutnya nama tersebut dijadikan target operasi (TO) dalam Operasi Antik Singgalang 2024 yang digelar Polres Pasaman Barat saat ini.

Selanjutnya tim Opsnal langsung bergerak menuju lokasi tepatnya di sudut sembilan puluh Jorong Kampung Padang Utara Nagari Air Bangis, petugas langsung menangkap satu orang berinisial ED yang merupakan target dan pelaku DD.

"Petugas menemukan barang bukti dari tangan pelaku ED sebanyak 60 bungkus kecil narkoba jenis ganja kering siap edar yang dibungkus dengan menggunakan plastik warna bening. Sedangkan dari pelaku DD didapat barang bukti berupa satu paket besar ganja kering yang dibungkus dengan plastik warna hitam," sebutnya.

Dari pengakuan kedua pelaku tersebut, petugas langsung melakukan pengembangan dan memperoleh informasi bahwa pelaku AH yang merupakan target berikutnya sedang duduk di sebuah warung di Jorong Kampung Padang Utara Nagari Air Bangis.

Petugas langsung mengamankan pelaku AH dan didapat barang bukti berupa narkoba ganja kering siap edar sebanyak 323 paket kecil yang dibungkus menggunakan plastik warna bening.

Pada saat penangkapan AH di lokasi warung tersebut juga turut diamankan seorang lelaki berinisial ZA. Petugas menemukan barang bukti berupa satu bungkus kecil ganja kering.

"Berdasarkan keterangan para pelaku, ganja kering yang sudah dijadikan bungkus kecil tersebut sudah siap untuk diedarkan," terangnya.

Ia menyebutkan pelaku ED merupakan residivis dalam perkara tindak pidana pencurian dan telah dua kali keluar masuk Lembaga Permasyarakatan.

Hasil interogasi awal, katanya, narkoba itu didapat dari pelaku DD, kemudian dilakukan pengembangan ganja kering tersebut diperoleh dari pelaku AH.

Pelaku AH mengakui bahwa dirinya yang memberikan ganja kering tersebut ke dua pelaku ED dan DD untuk diedarkan. Sedangkan pelaku AH mengakui mendapatkan ganja kering tersebut dari luar Provinsi Sumatera Barat.

"Sedangkan untuk pelaku ZA, narkoba yang ia miliki didapat dari seorang lelaki yang indentitasnya telah diketahui oleh petugas," katanya.

Ia menjelaskan dari empat pelaku tersebut, petugas menyita barang bukti berupa 60 paket kecil diduga narkotika jenis ganja kering yang dibungkus dengan plastik warna bening, satu buah kantong plastik warna hitam yang dibalut lak ban warna kuning, satu buah kantong plastik warna putih.

Selain itu, satu bungkus besar narkotika jenis ganja kering yang dibungkus dengan plastik warna hitam, satu pak plastik warna bening merek wayang, 323 bungkus kecil narkotika jenis ganja kering yang dibungkus dengan plastik warna bening, satu pak plastik warna bening merk wayang dan satu buah plastik warna hitam.

Kemudian petugas juga menyita barang bukti lainnya berupa satu bungkus kecil narkoba jenis ganja kering yang dibungkus dengan plastik warna biru, satu buah pemantik api gas, satu buah kota rokok merk surya, satu bungkus kertas paper merek narayana.

"Saat ini ke empat pelaku sudah diamankan di Mapolres Pasaman Barat untuk proses penyidikan lebih lanjut. Atas perbuatannya, para pelaku dijerat Pasal 114 ayat (1) Jo Pasal 111 ayat (1) Undang-Undang Republik lndonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika," jelasnya.