Pemkot gelar kejuaraan sepakbola antar SD se-Kota Solok sambut HUT RI

id Pemkot gelar, kejuaraan sepakbola, antar SD, se-Kota Solok, sambut HUT RI

Pemkot gelar kejuaraan sepakbola antar SD se-Kota Solok sambut HUT RI

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar saat menyerahkan medali ke peserta kejuaraan basketball Kota Solok (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat menggelar kejuaraan sepakbola antar Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) se-Kota Solok dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.

Sekretaris Dispora, Kota Solok Agung Hazani di Solok, Minggu mengatakan pelaksanaan pertandingan sepak bola antar SD se-Kota Solok telah digelar sejak tanggal 12 sampai 14 Agustus bertempat di Stadion Marahadin Kota Solok.

"Sehari menjelang diselenggarakannya kejuaraan sepakbola antar SD/MI se-Kota Solok, Dinas Pemuda dan Olahraga telah melakukan beberapa persiapan sarana dan prasarana di Stadion Marah Adin pada Jumat (11/8) pagi," kata dia.

Dispora Kota Solok juga telah memastikan kesiapan pemakaian lapangan dan fasilitas pendukung lainnya bagi 50 tim SD/MI yang bertanding selama dua hari penuh di stadion yang baru saja selesai pembangunan tahap pertamanya pada akhir tahun 2022.

Persiapan itu dikomandoi langsung oleh Sekretaris Dispora, Agung Hazani, bersama Kepala Bidang Olahraga Prestasi, Edwin Putra, Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga, Atmi Yulvera, Ketua Pelaksana Kejuaraan, Respipal Hendri, perwakilan dari Dinas Pendidikan, dan PSSI Askot Solok.

“Setelah melihat kondisi lapangan dan area seluruh stadion baik ruangan yang ada, kegiatan kejuaraan sepakbola antar SD/MI se-Kota Solok bisa dilaksanakan di Stadion Marah Adin ini,” kata dia.

Rumput stadion, kebersihan lapangan, drainase, dan penyiraman lapangan telah berfungsi dengan baik.

Kejuaraan sepakbola antar SD/MI se-Kota Solok telah lama dinantikan oleh banyak kalangan dan diikuti oleh 50 sekolah dasar atau sederajat di Kota Solok yang akan bertanding dengan sistem gugur.

Menyesuaikan aturan lazim untuk pertandingan usia dini, kejuaraan ini menggunakan ukuran lapangan mini dengan format pemain 7 vs 7, dan durasi waktu 2 x 10 menit.

“Hari ini untuk lapangan kita hanya menambah garis lapangan, sedangkan kondisi rumput sangat bagus dan permukaan lapangan datar,” kata Ketua Panitia Kejuaraan Respipal Hendri.

Kejuaraan sepakbola antar sekolah dasar ini cukup istimewa bagi para peserta, mereka mendapat kesempatan pertama menjajal rumput stadion yang pengelolaannya telah diserahkan ke Dinas Pemuda dan Olahraga.