Kompetisi wirausaha mahasiswa Indonesia, LLDIKTI Wilayah X luncurkan entrepreneurshipaward Ke-VII

id LLDikti, Afdalisma, PTS, kewirausahaan

Kompetisi wirausaha mahasiswa Indonesia, LLDIKTI Wilayah X luncurkan entrepreneurshipaward Ke-VII

Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma saat Launching Entrepreneurship Award Ke-VII yang tandai dengan pemukulan gong, Sabtu (10/6). (ANTARA/HO-Hms)

Padang (ANTARA) - Dalam rangka mendorong pengembangan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa perguruan tinggi di seluruh Indonesia, LLDIKTI Wilayah X kembali menggelar kompetisi kewirausahaan, Entrepreneurship Award (EA) Ke-VII.

Ini merupakan ajang pemberian penghargaan terhadap pencapaian implementasi kewirausahaan bagi mahasiswa sebagai wirausaha muda yang telah melaksanakan usaha (Bisnis Berjalan) serta mahasiswa yang memiliki ide bisnis (rencana Bisnis) yang kreatif dan inovatif.

Setiap tahunnya, sejak tahun 2017 Entrepreneurship Award dilaksanakan oleh PTS (Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau) secara bergilir sebagai tuan rumahnya.

Demikian disampaikan Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma saat Launching Entrepreneurship Award Ke-VII yang mengusung tema Pengembangan Kreativitas dan Inovasi Wirausaha Mahasiswa melalui Entrepreneurship Award (EA) untuk meningkatkan Ekonomi Indonesia di Trans Convention Centre, Tanjungpinang, pada 10 Juni 2023.

Dalam perkembangannya kata Kepala Lembaga, EA telah dilaksanakan selama 5 kali berturut-turut, bekerja sama dengan Perguruan Tinggi Swasta.

EA kali pertama kali dilaksanakan di Universitas Baiturrahmah, Sumatera Barat pada tahun 2017 dan berlanjut pada tahun 2018 di Universitas Islam Riau sebagai tuan rumah EA II.

Perhelatan EA III Tahun 2019 dan EA IV Tahun 2020 berturut-turut dilaksanakan di Universitas Ibnu Sina Kepulauan Riau dan Universitas Batang Hari Jambi. Kemudian, EA V Tahun 2021 kembali dilaksanakan di Sumatera Barat dengan tuan rumahnya adalah di Universitas Bung Hatta.

Lima tahun pertama pelaksanaan EA, pesertanya berasal dari mahasiswa PTS di Wilayah X (Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri). Mulai tahun 2022, pelaksanaan EA VI, terbuka bagi seluruh mahasiswa PTS se-Indonesia yang diselenggarakan di Universitas Lancang Kuning.

Selanjutnya, memasuki tahun ke tujuh, tepatnya pelaksanaan EA VII tahun 2023 dengan tuan rumah penyelenggara STIKES Hang Tuah Tanjungpinang, juga dilaksanakan terbuka bagi seluruh mahasiswa PTS se-Indonesia.

“Perguruan tinggi sebagai garda terdepan penyiapan kualitas SDM harus mampu menghadirkan pembelajaran yang mampu membekali lulusan dengan kompetensi hard skill maupun soft skill menghadapi tantangan dunia usaha dan dunia Industri. Salah satunya adalah mengembangkan potensi dan jiwa kewirausahaan yang juga merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” ucap Afdalisma.

Diharapkan, EA dapat mendorong tumbuhnya wirausaha muda yang mumpuni dalam melakukan perencanaan bisnis secara matang, baik dari segi orisinalitas gagasan kelayakan, maupun implementasi.

“Kepada pemenang, LDIKTI Wilayah X memberikan penghargaan berupa uang tunai sebagai pendukung modal dalam mewujudkan rencana bisnis yang telah disusun serta diharapkan menjadi stimulus tumbuhnya calon wirausaha muda,” tutup Afdalisma.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Walikota Tanjungpinang Endang Abdullah, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau Andi Agung, Kepala LLDIKTI Wilayah I Medan Prof. Anwar Matondang, Kepala LLDIKTI Wilayah XIII Aceh Rizal Munadi, Kepala LLDIKTI Wilayah XIV Papua Suriel Semuel Mofu, Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah VIII Bali I Wayan Suwarjaya, Herlina dari LLDIKTI Wilayah III Jakarta, dan Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah X Rahmi. (*H)