LLDIKTI Wilayah X kembali gelar enterpreneurship Award 2024

id LLDIkti, wilayah x, afdalisma, enterpreneurship award

LLDIKTI Wilayah X kembali gelar enterpreneurship Award 2024

Informasi seputar Enterpreneurship Award 2024. (ANTARA/HO-hms)

Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah X kembali menggelar enterpreneurship Award VIII pada 2024, sebagai upaya mendorong implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) serta mendukung peningkatan minat wirausaha pada generasi muda.

LLDIKTI Wilayah X bersama dengan tuan rumah Universitas Muhammadiyah Jambi melaksanakan Entrepreneurship Award VIII 2024, terbuka bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta se-Indonesia, seperti dirilis situs https://lldikti10.kemdikbud.go.id.

Kepala LLDikti Wilayah X Afdalisma mengatakan, kegiatan entrepreneurship Award merupakan program unggulan dalam rangka mengapresiasikan implementasi kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

Selain itu, memberikan penghargaan terhadap pencapaian implementasi kewirausahaan bagi mahasiswa wirausaha muda yang telah melaksanakan usaha (Bisnis Berjalan) serta mahasiswa yang memiliki ide bisnis (Rencana Bisnis) yang Kreatif dan Inovatif, melalui serangkaian tahap penilaian/seleksi.

Sehubungan dengan itu, kata Afdalisma, pihaknya sudah meminta pemimpin PTS, khususnya di Wilayah X mendorong dan memotivasi mahasiswanya untuk mengikuti Entrepreneurship Award VIII Tahun 2024.

Adapun ketetentuan bagi mahasiwa yang ingin turut dalam kegiatan tersebut sebagai berikut:

1. Persyaratan peserta:

a) Terbuka untuk mahasiswa D3/D4/S1 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Indonesia yang terdaftar di PDDIKTI (https://pddikti.kemdikbud.go.id/ ).

b) Memiliki usulan ide bisnis baru (Kategori: Rencana Bisnis) atau usulan pengembangan bisnis (Kategori: Bisnis Berjalan);

c) Calon peserta memahami konsep berwirausaha. Dalam hal ini, menjadi nilai tambah dalam penilaian (jika disertai dengan dokumen pendukung) apabila peserta:

Pernah mengikuti pelatihan/seminar/coaching clinic berkaitan dengan kewirausahaan baik di kampus maupun di luar kampus

telah mendapatkan pembelajaran/Mata Kuliah Kewirausahaan

Usaha yang diusulkan merupakan hasil penelitian/riset

d) Maksimal usia 25 tahun;

e) Untuk Kategori Bisnis Berjalan, bisnis sudah berjalan minimal 1 tahun, merupakan usaha sendiri (bukan usaha orangtua/orang lain)

f) Untuk Kategori Bisnis Berjalan diperbolehkan berkelompok (2-4 orang) atau perorangan. Untuk Kategori Rencana Bisnis wajib berkelompok (2- 4 orang).

g) Untuk yang berkelompok, anggota tim harus berasal dari Perguruan Tinggi yang sama dengan ketua tim.

h) Mendapat persetujuan tertulis dari wakil rektor atau direktur bagian kemahasiswaan

2. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website http://ea.lldikti10.id/

3. Time-Schedule Entrepreneurship Award VIII Tahun 2024:

Pendaftaran Peserta Batas Akhir 31 Juni 2024

Desk Evaluation 1 s.d. 31 Juli 2024

Pengumuman Peserta yang lolos Desk Evaluation (Finalis) 5 Agustus 2024

Unggah Portofolio Finalis* 8-9 Agustus 2024

Final Evaluation:

Expo Kewirausahaan (Demonstrasi Produk dan Jasa untuk Kategori Bisnis Berjalan)

Presentasi Ide Bisnis (disertai Poster Ide Bisnis untuk kategori Rencana Bisnis)

Pengumuman Pememang pada Malam Anugerah 30 Agustus 2024

*) Peserta Kategori Bisnis Berjalan mengunggah Video Bisnis (Pitch Deck), Peserta Kategori Rencana Bisnis mengunggah Video Ide Bisnis (Pitch Deck) dan Poster Ide Bisnis

4. Panduan dan Template Entrepreneurship Award VIII Tahun 2024 dapat diunduh pada http://ea.lldikti10.id/ (calon peserta membuat akun dulu pada laman tersebut, dan setelah berhasil

Untuk menyukseskan pelaksanaan Entrepreneurship Award VII Tahun 2024, mohon bantuan kepada Pemimpin PTS untuk menyebarkan informasi kegiatan tersebut dengan Poster Entrepreneurship Award VII Tahun 2024 (terlampir) di lingkungan Perguruan Tinggi Saudara, baik melalui media cetak, media sosial, dan sebagainya, imbau Afdalisma.***