Afdalisma: Rasa Memiliki Fondasi Utama Pengelolaan Koperasi

id LLDikti,Koperasi,KPN

Afdalisma: Rasa Memiliki Fondasi Utama Pengelolaan Koperasi

Foto bersama usai pencerahan mengenai koperasi pegawai negeri LLDikti Wilayah X. (ANTARA/HO)

Padang (ANTARA) - Rasa memiliki dari setiap anggota terhadap koperasi merupakan hal penting dalam pengelolaan koperasi. Bukan hanya sekadar wadah pemenuhan kebutuhan ekonomi, tetapi juga sebuah keluarga besar yang mengedepankan kebersamaan dan gotong royong.

Hal itu disampaikan Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma, SH, M.Pd selaku Pembina Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Kopertis Wilayah X saat membuka Seminar Pendidikan KPN Kopertis Wilayah X di Aula lantai 3, pada 9 Juli 2024.

Afdalisma menyampaikan bahwa rasa memiliki menjadi fondasi utama dalam membangun koperasi yang kuat dan berkelanjutan.

Ketika setiap anggota merasa memiliki, mereka akan lebih berkomitmen untuk berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan koperasi, merasa bertanggung jawab untuk menjaga keberlangsungan serta mengembangkan koperasi demi kesejahteraan bersama.

“Mari kita bersama-sama menanamkan rasa memiliki ini dalam hati dan pikiran kita. Dengan demikian, kita dapat menciptakan koperasi yang solid, terpercaya, dan mampu memberikan manfaat maksimal bagi seluruh anggota. Marilah kita terus berkontribusi, bekerja sama, dan mendukung satu sama lain dalam mewujudkan tujuan bersama,” ucap Afdalisma.

Ketua KPN Kopertis Wilayah X Prof. Suryani mengatakan Seminar Pendidikan KPN Kopertis Wilayah X bertajuk “Pentingnya Rasa Memiliki Dari Anggota Koperasi” merupakan salah satu bagian dari rencana kerja tahun 2024.

Kegiatan ini pun menjadi bagian dari peringatan Hari Koperasi ke-77, yang jatuh pada tanggal 12 Juli dengan tema “Koperasi Mitra Pemerintah Membangun Ekonomi Nasional yang Berdaulat dan Mandiri Menuju Indonesia Emas 2045”.

Hadir pada kesempatan tersebut, anggota koperasi dari luar Kota Padang secara daring sebanyak 25 orang dan 106 anggota mengikuti kegiatan di aula lantai 3 LLDIKTI Wilayah X.

Menurut Prof. Suryani, selain usaha yang sudah ada seperti simpan pinjam, minimarket, pembelian motor, pembelian mobil, dan menyediakan bahan pangan kebutuhan sehar-hari pendidikan perkoperasian sangat penting diberikan kepada anggota.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota koperasi agar lebih profesional dalam menjalankan perannya. Oleh karena itu, pendidikan bagi anggota menjadi sangat penting untuk memastikan bahwa kita semua memiliki pemahaman yang baik tentang prinsip-prinsip koperasi serta menyadari bahwa koperasi adalah milik kita bersama. Kita berharap anggota semakin aktif membantu dalam pengembangan bidang usaha KPN Kopertis Wilayah X,” kata Prof. Suryani.

Tampil sebagai pembicara, Ketua PKP RI Provinsi Sumatera Barat Hadi Suryadi dan Kepala Bidang Perizinan dan Kelembagaan Dinas Koperasi UKM Provinsi Sumatera Barat Junaidi.

Di akhir seminar, Ketua PKP RI Provinsi Sumatera Barat Hadi Suryadi menyerahkan bantuan dana pendidikan perkoperasian sebesar 2 juta rupiah kepada Ketua KPN Kopertis Wilayah X Prof. Suryani. Sebelumnya, pada tahun 2021 KPN Kopertis Wilayah X menerima bantuan serupa dari PKP RI Provinsi Sumatera Barat sebesar 1,5 juta rupiah.