11 perguruan tinggi swasta LLDIKTI X menuju universitas kelas dunia

id Kepala LLDikti wilayah X, Afdalisma, World class university, kampus kelas dunia, wcu

11 perguruan tinggi swasta LLDIKTI X menuju universitas kelas dunia

Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma. (ANTARA/Muhammad Zulfikar).

Padang (ANTARA) - Sebanyak 11 perguruan tinggi swasta di bawah naungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X yang meliputi Provinsi Sumatera Barat, Jambi, Kepulauan Riau dan Riau menuju world class university atau universitas kelas dunia.

"Beberapa perguruan tinggi sudah mengarah pada world class university dengan indikator banyaknya kerja sama luar negeri, jumlah mahasiswa asing dan lain sebagainya," kata Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma di Padang, Sabtu.

Sesuai amanat Permendikbudristek No.35 Tahun 2021 LLDIKTI X bertugas memfasilitasi penyelenggaraan pendidikan tinggi di empat provinsi yang diayomi. Termasuk juga dalam upaya mendorong setiap perguruan tinggi untuk segera mencapai predikat world class university.

Bagi perguruan tinggi yang sudah mulai mengarah pada universitas kelas dunia diharapkan memberikan contoh serta kiat-kiat kepada perguruan tinggi swasta lainnya agar bisa menuju world class university.

Khusus di Sumatera Barat, Afdalisma mengatakan belum ada perguruan tinggi swasta yang mengarah atau sudah menuju universitas kelas dunia.

"Untuk Sumatera Barat belum ada, yang ada baru di Kepulauan Riau yakni Universitas Internasional Batam," kata dia.

Perlu diingat, kata dia, untuk menuju world class university terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui setiap perguruan tinggi salah satunya terkait dengan kualitas mutu.

Oleh karena itu, setiap perguruan tinggi swasta yang berada di bawah naungan LLDIKTI Wilayah X terlebih dahulu didorong meningkatkan akreditasi program studi dan perguruan tinggi sebelum masuk pada tahap kampus kelas dunia.

"Jadi kami fokus ke akreditasi perguruan tinggi dan program studinya dulu. Sebab, hal itu cerminan dari kualitas perguruan tinggi," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Kelembagaan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Kemendikbudristek Lukman menyebutkan dari 3.200 perguruan tinggi swasta di Indonesia, kampus yang sudah menuju world class university tergolong cukup banyak, dan 11 di antaranya berada di bawah LLDIKTI Wilayah X.

"Untuk LLDIKTI Wilayah X sekitar 11 perguruan tinggi swasta sudah menuju world class university," kata Lukman.*

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 11 perguruan tinggi swasta LLDIKTI X menuju world class university