Peserta Latsitardanus XLIII bangun sejumlah infrastruktur di Padang

id Latsitardanus

Peserta Latsitardanus XLIII bangun sejumlah infrastruktur di Padang

Peserta Latsitardanus di Padang tengah menanam mangrove di pantai Pasir Jambak. (ANTARA/Yose)

Padang (ANTARA) - Peserta Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) ke- XLIII membangun sejumlah infrastruktur pendukung bagi kegiatan masyarakat setempat.

Wakil Wali Kota Padang, Ekos Albar di Padang, Kamis mengatakan untuk realisasi program fisik, telah terbangaun Tugu Latsitardanus di Kantor Camat Kecamatan Lubuk Begalung (Lubeg).

Struktur bangunan tugu Latsitardanus itu dibuat menyerupai gonjong Rumah Gadang. Ditugu itu juga dilengkapai ornamen logo Kota Padang, Latsitardanus hingga instansi terkait yang terlibat.

“Di dalam tugu itu juga ada nama-nama peserta Latsitardanus XLIII. Kita berharap para calon perwira ini suatu hari nanti kembali ke Kota Padang untuk mengunjungi tugu ini," katanya.

Selain itu, telah dibangun juga jalan beton di Kelurahan Pegambiran Ampalu, Kelurahan Kampung Jua dan pembangunan jembatan di Batu Kasek.

Infrastruktur tersebut menurut Wakil Wali Kota sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat. Karena itu masyarakat sangat bersyukur dengan kegiatan yang dilaksanakan Kompi BS/Kijang itu.

Selain membantu membangun infrastruktur, taruna-taruni yang menjadi peserta juga berinteraksi baik dengan masyarakat Kota Padang.

Sementara untuk kegiatan non fisik peserta melaksanakan sosialisasi dan penyuluhan ke sekolah-sekolah, antara lain di SMA N 4 Kota Padang, SMK N 7 Kota Padang, SMK N 9 Kota Padang, dan SMA N 1 Kota Padang.

Topik penyuluhan diantaranya tentang bahaya narkoba, kamtibmas, jaga kuantitas dan hal lainnya yang difasilitasi melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang.

Selama berada di Kota Padang, peserta juga menyempatkan diri untuk mengunjungi destinasi wisata Gunung Padang, Lubang Jepang di Gunung Pangilun, Kecamatan Nanggalo, serta pembersihan Pantai Pasir Jambak yang difasilitasi Dinas Pariwisata Kota Padang.*