Latsitardanus XLIII hiasi pinggiran sungai Batang Lembang Kota Solok

id Peserta Latsitardanus XLIII, hiasi pinggiran, sungai batang lembang, Kota Solok,Latsitardanus XLIII hiasi pinggiran sung,solok

Latsitardanus XLIII hiasi pinggiran sungai Batang Lembang Kota Solok

Peserta Latsitardanus XLIII saat menghiasi serta mencat pinggiran sungai Batang Lembang Kota Solok, Sumatera Barat (ANTARA/HO-Diskominfo)

Solok (ANTARA) - Peserta Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIII ke 43 melakukan pengecatan dan melukis pinggiran Sungai Batang Lembang, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, Sumatera Barat agar terlihat lebih indah dan rapi.

Brigadir Taruna Irfan Urane Azis, selaku Kepala Posko Yontarlat Kijang, di Solok, Rabu mengatakan, pengecatan pinggiran sungai tersebut sudah berlangsung selama empat hari.

“Pengecatan tersebut sudah berlangsung selama empat hari,” katanya.

Kegiatan pengecatan sungai tersebut dilakukan oleh sebanyak 37 orang personel yang tengah mengikuti Latsitardanus XLIII di Kota Solok (Kota Beras Serambi Madinah).

“Ada sebanyak 37 personel Kompi A Yontarlat Kijang dikerahkan. Lebih kurang kami cat sepanjang 200 meter,” ujarnya.

Ia berharap pengecatan ini dapat memperindah penampilan pinggiran sungai Batang Lembang ke depannya sehingga masyarakat juga nyaman menyaksikan.

“Harapannya dengan pengecatan ini dapat memperindah pemandangan di sekitar Sungai Batang Lembang. Sasaran ini berdekatan dengan Lapangan Merdeka yang menjadi pusat aktivitas masyarakat Solok sehari-hari,” ucapnya.

Selain itu, peserta taruna Latsitardanus XLIII juga membangun tugu di di Simpang Lima Jalan Lingkar Utara, Kelurahan Laing, Kota Solok, Sumatera Barat.

Tugu Latsitarda XLIII ini akan dibangun dengan bentuk lima pilar yang melambangkan pancasila, dengan ukuran tinggi kurang lebih 3,5 meter.

“Adapun tujuan dilaksanakannya Latsitarda ini adalah untuk membangun integrasi antara taruna TNI, Praja dengan masyarakat," ucap dia.

Selain itu, dengan melaksanakan berbagai sasaran kegiatan, baik fisik maupun non fisik, dengan jumlah peserta untuk Kota Solok sebanyak 306 orang yang terdiri atas Taruna Akademi TNI, Taruna Akademi Kepolisian (AKPOL), Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Taruna Politeknik Siber dan Sandi Negara (PSSN).

Lebih lanjut, ia mengatakan untuk sasaran kegiatan meliputi pembangunan rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH), rumah ibadah, dan pengerasan jalan.

Sementara itu, untuk kegiatan non fisik, dia menambahkan akan dilaksanakan kegiatan sosialisasi, penyuluhan, serta promosi sekolah kedinasan.

Ia juga mengatakan terkait pembangunan tugu Latsitardanus tersebut rencananya akan diresmikan pada tanggal 3 Juni oleh Komandan Jenderal Akademi TNI bersama pejabat lainnya.

"Sebelum berakhirnya pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan yang sesuai jadwal akan ditutup pada tanggal 7 Juni mendatang," ujar dia.

Tugu Latsitarda dibangun paling tidak untuk mengenang bahwa di Kota Solok ini pernah dilaksanakan Latsitarda tahun 2023. ***3***