BPJS Ketenagakerjaan bagikan ratusan paket bahan pokok peringati Hari Buruh

id BPJS Ketenagakerjaan,Sumbar,Padang

BPJS Ketenagakerjaan bagikan ratusan paket bahan pokok peringati Hari Buruh

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Padang bagikan ratusan paket sembako dalam acara Puncak Peringatan Hari Buruh (May Day) di Sumbar. (ANTARA/ HO BPJS Ketenagakerjaan)

Padang (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Padang bagikan ratusan paket sembako dalam acara Puncak Peringatan Hari Buruh (May Day) di Sumbar.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang Jefri Iswanto di Padang, Minggu mengatakan pemberian bantuan ini merupakan bentuk empati dan dukungan BPJAMSOSTEK kepada semua pekerja di Sumbar.

“Kita hari ini berpartisipasi memberikan bantuan sembako sebanyak 240 paket. Ini wujud dari kepedulian kami dalam membantu sesama,” kata dia.

Menurut dia peringatan May Day ini juga digunakan sebagai momentum peningkatan layanan dan manfaat kepada pekerja Indonesia melalui perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Selain itu peningkatan layanan kami agar lebih lengkap, lebih mudah, dan lebih cepat bagi pekerja, serta wujud pengembangan kapasitas manusia untuk pertumbuhan produktivitas yang berkelanjutan," kata dia.

Ia mengatakan Peringatan May Day juga merupakan sarana untuk mengingatkan semua pihak akan pentingnya komitmen membangun hubungan industrial yang bermartabat dalam rangka mewujudkan sinergitas dan harmonisasi antara pekerja, pengusaha dan pemerintah.

Jefri Iswanto juga mengatakan pemerintah hadir melalui BPJAMSOSTEK dengan lima program perlindungan yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

Ia mengimbau agar seluruh pekerja di Sumatera Barat baik formal maupun non formal agar mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan sangat banyak manfaatnya, dan tentunya seluruh risiko sosial ekonomi pekerja akan dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan, sehingga pekerja dapat bekerja dengan aman tanpa perlu rasa cemas” kata dia.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Puncak Peringatan Hari Buruh Aguswanto mengatakan kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan Disnakertrans Sumbar dan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang

Puncak Peringatan ini sebelumnya telah dilakukan sejumlah rangkaian kegiatan juga seperti pertandingan futsal, door to door dan donor darah.

"Kita ucapkan terimakasih, penyelenggaraan ini juga disupport oleh BPJS Ketenagakerjaan," kata dia.

Dalam puncak Peringatan Hari Buruh tersebut juga digelar Dialog Interaktif dengan para pekerja seputar Undang-undang Cipta Kerja yang digelar Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar serta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang di Aula Disnakertrans Sumbar, Minggu (14/5).

Bantuan sembako diserahkan secara simbolis kepada para pekerja oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang Jefri Iswanto dan Ketua KSPI Sumbar Arsukman Edi.

Gubernur Sumbar Mahyeldi mengajak buruh untuk terus membangun hubungan harmonis, antara pekerja dengan pengusaha serta antara pekerja dengan pemerintah.

Menurutnya harmonisasi itu penting untuk stabilitas dan pertumbuhan ekonomi daerah dengan mengedepankan prinsip kebersamaan.

“Ekonomi Sumbar akan bergerak maju, jika harmonisasi dunia usahanya terjaga. Iklim antara pekerja dengan pengusaha sampai antara pekerja dengan pemerintah harus sejuk. Prinsipnya kita maju bersama, tidak hanya menguntungkan satu pihak semata,” kata dia.