Pemkot Pariaman catat PAD parkir Libur Lebaran Rp51,6 juta

id Pemkot Pariaman,Berita pariaman,Berita sumbar

Pemkot Pariaman catat PAD parkir Libur Lebaran Rp51,6 juta

Kendaraan terlihat terpakir di kawasan Parkiran Nusantara, Kota Pariaman, Sumbar pada pelaksanaan Piaman Barayo. Antara/HO-Disparbud Pariaman 

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat mencatat daerah itu memperoleh pendapatan asli daerah (PAD) dari pengelolaan parkiran di lahan milik pemerintah setempat selama pelaksanaan Piaman Barayo pada Libur Lebaran 2024 mencapai Rp51,6 juta.

"Rp51,6 juta tersebut bersumber dari penarikan biaya parkir sebesar Rp31,6 juta serta penyewaan kawasan parkiran di Pantai Gandoriah kepada pelaku usaha wisata wahana permainan dengan biaya Rp20 juta," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman Afwandi di Pariaman, Sabtu.

Ia mengatakan PAD terbesar berasal dari penarikan biaya parkir di objek wisata Pantai Talao Pauh yang mencapai Rp9,9 juta dan disusul di Taman Anas Malik yang mencapai Rp3,3 juta, dan kemudian Parkiran Nusantara Rp3,1 juta.

Ia menyampaikan PAD terbesar diterima pada hari keempat pelaksanaan Piaman Barayo yaitu pada Minggu (14/4) yang mencapai Rp7 juta kemudian pada Sabtu (13/4) yang mencapai Rp5,9 juta.

Ia menyebutkan ada 12 lokasi parkir dikelola oleh pemerintah setempat selama pelaksanaan Piaman Barayo yang berlangsung dari 11 sampai 21 April 2024 yaitu Dermaga Apung, Asean Youth Center, Taman Anas Malik, Gandoriah, Sunur, Binasi, Pantai Kata, Tugu Ikan, Pantai Cermin, Pantai Talao Pauh, Pantai Apar, dan Parkiran Nusantara.

Ia menjelaskan penyewaan lahan parkiran di Pantai Gandoriah tersebut dilakukan guna meningkatkan PAD sehingga dapat digunakan untuk pembangunan daerah ke depannya.

Terpisah, Kepala UPTD Pengelolaan Perparkiran Kota Pariaman Reymond Chandra mengatakan masyarakat juga memakirkan kendaraannya di lokasi yang disediakan oleh masyarakat di daerah itu.

Masyarakat yang mengelola lahannya untuk parkiran tersebut, lanjutnya biasanya bekerja sama dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Pariaman yang kontribusinya terhadap daerah yaitu pembayaran pajak parkir.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat menyediakan delapan lokasi parkir kendaraan selama penyelenggaraan 'Pariaman Barayo' guna menyukseskan pelaksanaan masa Libur Lebaran 2024 di daerah itu.

"Kami mengelola lahan parkir yang telah (ditetapkan melalui) SK wali kota," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman Afwandi melalui Kepala UPTD Pengelolaan Perparkiran Kota Pariaman Reymond Chandra di Pariaman.

Ia mengatakan Pemkot Pariaman membuka sembilan objek wisata selama pelaksanaan 'Pariaman Barayo' sehingga untuk menyukseskan kegiatan tersebut diperlukan lokasi parkir guna mempermudah pengunjung memakirkan kendaraannya.

Ia menyebutkan adapun lokasi parkir yang telah disediakan tersebut yaitu di pantai Desa Apar, Talao Pauh, Parkiran Jalan Nusantara, Tugu Asean Youth Center, Taman Anas Malik, Pantai Cermin, Pantai Kata, serta Pantai Sunur dan Binasi.