Apa saja materi tes UTBK SNBT 2023? yuk persiapkan diri!

id UTBK SNBT 2023, Ruangguru, ruanglatihan

Apa saja materi tes UTBK SNBT 2023? yuk persiapkan diri!

Ilustrasi UTBK 2023 (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Masih edisi mempersiapkan diri di masa transisi ke jenjang kuliah, sudah sejauh mana progres kamu? Bagi kamu yang bermimpi melanjutkan pendidikan di PTN tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah UTBK SNBT.

Pada tahun 2023 ini, mengikuti UTBK SNBT ini dapat kamu pilih sebagai salah satu jalur masuk ke perguruan tinggi negeri di Indonesia. Nah, kali ini akan membahas mengenai materi UTBK SNBT pada tahun 2023 sesuai apa yang diinformasikan oleh BPPP.

Materi pada Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 ini terdiri dari dua komponen, yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Literasi dengan alokasi waktu pengerjaan selama 195 menit.

Dalam soal TPS terdiri dari Tes Kemampuan Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis, dan Pengetahuan Kuantitatif. Sedangkan, dalam Tes Literasi terdiri dari Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Masing-masing mata ujian tersebut diperlukan akan mengukur kemampuan kognitif, literasi, dan penalaran yang dianggap penting untuk keberhasilan di perguruan tinggi. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak penjelasan apa saja materi tes UTBK SNBT 2023 seperti di bawah ini.

Materi Tes UTBK SNBT

Siapa yang tidak ingin mendapatkan nilai terbaik saat UTBK 2023? Pastinya kamu ingin berhasil melewati tes ini dengan sangat baik, kan? Untuk menghadapinya, kenali dulu materi yang akan diujikan pada UTBK ini.

Materi UTBK Tes Potensi Skolastik (TPS)

Apa itu TPS? Saat duduk di bangku SMA mungkin guru di sekolah belum menjelaskan secara detail istilah Tes Potensi Skolastik ini. Nah, Tes Potensi Skolastik (TPS) adalah salah satu jenis tes dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) untuk memprediksi kemampuan kognitif seseorang.

Kemampuan tersebut dianggap penting untuk mencapai keberhasilan di sekolah formal, khususnya di pendidikan tinggi. Sebab, TPS ini dapat mengukur kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Sedangkan, kemampuan kuantitatif akan meliputi pengetahuan dan penguasaan matematika dasar.

Untuk menghadapi soal-soal TPS dengan baik, kamu setidaknya harus mempersiapkan diri dengan baik dengan cara seperti ini;

Belajar menguasai konsep-konsep dasar yang akan diujikan.

Belajar secara terstruktur dan teratur agar mengikuti tes dengan lancar.

Perbanyak latihan soal untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan menghafal konsep-konsep dasar yang akan diujikan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya ya, materi TPS itu untuk mengukur Kemampuan Kognitif calon mahasiswa baru untuk menunjang kesuksesan studi di pendidikan tinggi. Sehingga, poin penting yang akan diujikan pada TPS UTBK SNBT 2023 adalah:

Kemampuan Penalaran Umum

Kemampuan Kuantitatif (Pengetahuan dan Penguasaaan Matematika Dasar)

Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis

Materi Tes Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Tes selanjutnya yang akan kamu hadapi adalah Tes Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Sehingga, basic pengetahuan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris semasa SMA akan sangat berguna di sini.

Mengapa Tes Literasi penting?

Mampu membantu calon mahasiswa dalam memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merefleksikan berbagai jenis teks dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Membantu calon mahasiswa dalam kegiatan akademik di perguruan tinggi, seperti membaca dan menulis tugas-tugas, mengikuti kelas, dan mengikuti diskusi kelompok.

Membantu calon mahasiswa dalam berkomunikasi dengan orang lain secara lisan dan tulisan.

Membantu meningkatkan kemampuan dalam berpikir kritis dan analitis.

Mengembangkan kapasitasnya sebagai WNI dan warga dunia agar bisa memberikan kontribusi produktif kepada masyarakat.

Lalu, bagaimana cara menghadapi Tes Literasi ini?

Untuk mempersiapkan diri menghadapi Tes Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, kamu bisa mulai melakukan hal-hal seperti berikut.

Membaca berbagai jenis teks dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, seperti cerpen, novel, artikel, berita, dan lainnya.

Mengevaluasi dan merefleksikan isi teks yang dibaca.

Berlatih menulis teks dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dari yang sederhana hingga kompleks.

Materi Penalaran Matematika

Selanjutnya, kamu juga akan menghadapi Tes Penalaran Matematika dalam UTBK ini. Tujuan tes ini diantaranya untuk mengukur kemampuan berpikir penggunaan konsep, prosedur, fakta, serta alat matematika seseorang. Selain itu, bertujuan agar calon mahasiswa mampu menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang sesuai dalam perannya sebagai WNI dan warga dunia.

Tips lulus menghadapi Tes Penalaran Matematika

Harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai operasi dasar matematika, seperti operasi hitung, aljabar, trigonometri, dan geometri.

Harus mampu menggunakan konsep dan alat matematika secara tepat dan efektif dalam menyelesaikan masalah yang diberikan.

Agar bisa menghadapinya, kamu harus mempelajari materi matematika secara rutin.

Selalu mengerjakan soal latihan yang tersedia dan bervariasi.

Mengikuti bimbel matematika untuk mendapatkan pengetahuan dan kemampuan penalaran matematika yang lebih intensif.

Pilih Paket Bimbel Intensif UTBK SNBT Ruangguru Sekarang!

Persiapan UTBK SNBT 2023 ini tidak bisa dilakukan secara mendadak apalagi dengan sistem kebut semalam, lho. Kamu justru mesti mempersiapkan diri dari sekarang jika ingin mendapatkan hasil maksimal.

Kesehatan tubuh harus terus dijaga dengan baik agar tetap fit, sebab kamu pun perlu menambah intensitas belajar UTBK SNBT ini. Ada banyak materi yang mesti segera dikuasai untuk sukses menghadapi UTBK ini. Yuk, pilih paket intensif UTBK SNBT Ruangguru!

Pilih paket belajar sesuai kebutuhan kamu. Ada enam paket belajar intensif UTBK SNBT jenjang SMA yang bisa dicoba. Masing-masing memiliki masa aktif belajar dan keunggulan yang berbeda, pilih sesuai kebutuhan kamu, ya.

Harga mulai dari 299k sampai 699k, dengan fasilitas lengkap yang bisa kamu dapatkan seperti:

Bisa eksplor pelajaran melalui video pembelajaran daring seperti belajar bersama guru privat. Video bisa di-download di mana dan kapan saja.

Mencoba fitur adapto game interaktif seru di tengah video belajar supaya makin seru.

Memahami materi pelajaran dengan konsep kilat dan bebas diskusi dengan Master Teacher.

Ada latihan soal dan materi tambahan di Lembar Belajar.

Akses segala kebutuhan ujian dan latihan ulangan di ruanglatihan.

Belajar makin seru dengan Teman Belajar, Study Bestie, dan dapat hadiah setiap minggunya di Liga XP dengan jadi Juara.

Persiapkan diri kamu dengan sebaik-baiknya, karena setiap kesuksesan adalah kesempatan yang bertemu kesiapan. Yuk, pilih paket Intensif UTBK SNBT di Ruangguru sekarang!*