Inovasi pelayanan Puskesmas Padang Alai Padang Pariaman dinilai tim provinsi

id Ali Mukhni

Inovasi pelayanan Puskesmas Padang Alai Padang Pariaman dinilai tim provinsi

Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni (dua kiri) memberikan sambutan pada penilaian Kompetisi Pelayanan Prima dan Inovasi Pelayanan Publik tingkat Sumbar 2019, di Padang Alai,  Senin. (Antara Sumbar/istimewa)

Parit Malintang, (ANTARA) - Puskesmas Padang Alai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat membuat inovasi pelayanan yakni melakukan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat di pasar melalui program yang diberi nama Jumat Sehat Padang Alai Semangat (Jumsepase).

"Atas inovasi pelayanan ini puskesmastersebut dipilih untuk mengikuti penilaian inovasi tingkat Sumbar 2019," kata Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni saat penilaianKompetisi Pelayanan Prima dan Inovasi Pelayanan Publik tingkat Sumbar 2019 di Padang Alai,Senin.

Ia memberikan apresiasi kepada Puskesmas Padang Alai karena mengaplikasikan motto pemerintah daerah yaitu berinovasi untuk memberikan pelayanan.

Jumsipaseini merupakan pelayanan pemeriksaan kesehatan jemput bola ke pasar yang mana banyak didatangi oleh masyarakat untuk berdagang dan membeli kebutuhannya sehari-hari.

Ada sejumlah pelayanan yang dapat dinikmati masyarakat secara gratis melalui programJumsipase yaitu pemeriksaan tensi, diabetes dan indeks masa tubuh.

Jika pada pemeriksaan ditemukan masyarakat yang positif mengidap penyakit maka pihaknya akan memintany untuk berobat ke Puskesmas.

Ali Mukhni mengatakan meskipun Puskesmas tersebut terletak di kaki bikit dan jauh dari perkotaan tapi inovasinya tidak kalah dengan puskesmas lainnya.

Oleh karena itu ia meminta seluruh Puskesmas di daerah itu untuk terus berinovasi untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Utamakan pelayanan prima kepada masyarakat," ujarnya.

Karena inovasi tersebut, lanjutnya hari ini Puskesmas Padang Alai didatangi oleh Tim Penilai Kompetisi Pelayanan Prima dan Inovasi Pelayanan Publik tingkat Sumbar 2019.

Pihaknya berharap tahun ini dapat meraih prestasi di bidang inovasi pelayanan publik baik tingkat provinsi maupun nasional.

Sedangkan tahun lalu Kabupaten Padang Pariaman meraih peringkat terbaik II se-Indonesia dalam bidang inovasi. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar