Poltracking: Mulyadi-Ali Mukhni dipastikan unggul jauh di Pilgub Sumbar

id Mulyadi, Sumbar ,Pilgub

Poltracking: Mulyadi-Ali Mukhni dipastikan unggul jauh di Pilgub Sumbar

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Mulyadi-Ali Mukhni saat Debat Pilgub ke-2 di Padang,Kamis. (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Lembaga survei nasional Poltracking Indonesia memastikan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Mulyadi-Ali Mukhni unggul jauh dari pasangan lainnya berdasarkan hasil survei mereka di Pilgub Sumbar 2020 yang dirilis pada Sabtu (5/12).

Manager Riset Poltracking Indonesia Masduri melalui keterangan pers di Padang mengatakan pasangan Mulyadi Ali-Mukhni mendapat elektabilitas 37,2 persen dan unggul jauh dari pasangan Nasrul Abit-Indra Catri pada angka 27,5 persen.

Kemudian disusul pasangan Mahyeldi-Audy 25,2 persen dan di posisi keempat Fakhrizal-Genius 5,4 persen dan undecided voters 4,7 persen.

Ia mengatakan survei dilaksanakan pada tanggal 25-30 November 2020 itu menggunakan metode sampel Stratified Multistage Random Sampling dengan jumlah 1.200 responden yang tersebar dari seluruh kabupaten dan kota di Sumbar secara proporsional berdasarkan populasi pemilih terakhir.

Serta margin of error +/- 2,8 pada tingkat kepercayaan 95%.

Selain itu demi menjaga keakuratan data, sebanyak 25 persen dari total sampel didatangi dan diwawancarai kembali untuk memastikan kebenaran data dan seluruh responden 100 persen dikontak kembali lewat telepon guna keperluan konfirmasi dan verifikasi validasi data.

"Survei ini menunjukkan bahwa berdasarkan pertanyaan dengan simulasi surat suara, pasangan Mulyadi – Ali Mukhni dengan angka elektabilitas sebesar 37,2 persen menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan pasangan calon lainnya.

Ia mengatakan simulasi pertanyaan memiliki validasi jawaban yang lebih baik. Sehingga jawaban yang diterima lebih tepat dan akurat

"Model pertanyaan dengan responden mencoblos simulasi surat suara mempunyai validasi jawaban lebih baik dibandingkan jawaban responden yang disampaikan kepada interviewer survei," kata dia.

Poltracking Indonesia juga mengukur aksepbilitas masing-masing kandidat secara terpisah. Nama Mulyadi menjadi tertinggi dibanding nama lain.

"Pada tingkat akseptabilitas kandidat, Mulyadi 72.7 persen menjadi kandidat dengan tingkat kedisukaan paling tinggi dibandingkan

kandidat lainnya, diikuti Nasrul Abit 65 persen Mahyeldi Ansharullah 63,1 persen, Ali Mukhni 57.5 persen, Audy Joinaldy 46,8 persen, Indra Catri 46 persen Fakhrizal 43 persendan Genius Umar 38,8 persen," jelasnya.

Berdasarkan temuan data tersebut, Masduri memastikan Mulyadi-Ali Mukhni akan terpilih pada tanggal 9 Desember 2020 nanti.

"Jika tidak ada perubahan peta politik signfikan, kemungkinan besar Mulyadi-Ali Mukhni akan unggul pada hasil Pilkada Sumatera Barat 2020," kata dia.(*)