Pasaman Anggarkan Rp7 Miliar Buka Jalan Penghubung ke Kabupaten Padang Lawas Sumut

id jalan baru

Pasaman Anggarkan Rp7 Miliar Buka Jalan Penghubung ke Kabupaten Padang Lawas Sumut

Pembukaan Jalan baru. (Antara)

Lubuk Sikaping, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat menganggarkan dana sebanyak Rp7 miliar untuk pembukaan jalan penghubung daerah itu ke kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Pasaman, Yasri Uripsah di Lubuk Sikaping, Selasa, mengatakan panjang jalan yang akan dibangun tahun ini mencapai 12 dari 15 kilometer hingga tembus.

"Total panjangnya ada 15 kilometer tapi untuk tahun ini baru 12 kilometer yang akan dikerjakan. Sisanya dianggarkan pada tahun berikutnya," jelasnya.

Sebelumnya pada 2009 jalan tersebut sudah pernah dibuka sepanjang sembilan kilometer, namun karena sudah lama perlu perbaikan lagi karena kondisi saat ini sudah cukup parah.

"Makanya tahun ini jalan yang sudah pernah dibuka akan ditingkatkan dan ditambah dengan pembukaan jalan baru ke arah perbatasan," ujarnya.

Sementara dari pihak Kabupaten Padang Lawas juga sudah melakukan pembukaan jalan menuju perbatasan arah Kabupaten Pasaman sepanjang 5,6 kilometer pada 2017.

"Saat ini tersisa sekitar 6,5 kilometer lagi baru sampai ke perbatasan Kabupaten Pasaman," katanya.

Dengan dibukanya akses jalan antar dua kabupaten ini diharapkan perekonomian warga di sana akan tumbuh karena aksesnya akan lancar. (*)