Pemkab serahkan bantuan alsintan ke kelompok tanise-Kabupaten Solok

id Pemkab Solok, bantuan alsintan, kelompok tani, se-Kabupaten Solok

Pemkab serahkan bantuan alsintan ke kelompok tanise-Kabupaten Solok

Bupati Solok Epyardi Asda saat menyerahkan bantuan alsintan untuk kelompok tani se-Kabupaten Solok, Sumatera Barat. ANTARA/HO-Diskominfo Solok.

Solok (ANTARA) - Pemerintah daerah Kabupaten Solok, Sumatera Barat menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) serta bibit tanaman untuk membantu pengelolaan lahan pertanian kelompok tani yang ada di daerah setempat.

Bupati Solok Epyardi Asda di Solok, Jumat berharap setelah diberikannya Alsintan ke kelompok tani, nantinya dapat membantu peningkatan hasil pertanian oleh masyarakat di Kabupaten Solok.

"Selamat untuk seluruh Ketua Kelompok Tani (Poktan) se-Kabupaten Solok di lapangan kantor bupati dalam rangka penyerahan bantuan Alsintan dan bibit tanaman padi kepada seluruh Poktan yang hadir pada kegiatan hari ini," katanya.

Ia selaku bupati Solok menginginkan yang terbaik untuk para petani di daerah itu. Ia juga tidak ingin para petani ketinggalan zaman dalam bertani atau masih menggunakan alat manual dengan cara yang tradisional.

Untuk itu, menurutnya perlu adanya inovasi dan bantuan alsintan agar hasil tani lebih efektif lagi, oleh karena itu ia menyerahkan bantuan berupa mesin- mesin pertanian guna mempermudah pekerjaan para petani dalam bertani.

"Harapan kami tentunya dengan diserahkannya bantuan Alsintan ini mampu mendongkrak hasil tani oleh masyarakat petani," katanya.

Epyardi selaku kepala daerah Kabupaten Solok berpesan agar bantuan ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh seluruh kelompok tani dan masyarakat Kabupaten Solok.

Ia juga berpesan ke seluruh kelompok tani agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin supaya bermanfaat bagi seluruh kelompok tani dan masyarakat Kabupaten Solok.

"Selain itu, penyerahan bantuan ini kami lakukan sebagai wujud rasa cinta kami kepada masyarakat Kabupaten Solok," ucap dia.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Solok Kennedy Hamzah mengatakan pada tahun ini pemerintah Kabupaten Solok mendapatkan bantuan berupa bibit tanaman padi dan alsintan baik dari APBN maupun APBD.

Penyerahan bantuan Alsintan ini bertujuan untuk efesiensi waktu dan tenaga petani di Kabupaten Solok. Ia berharap mudah-mudahan dengan diberikannya bantuan alsintan ini dapat membantu meningkatkan hasil panen terutama beras Solok.

Bantuan Alsintan yang diserahkan untuk kelompok tani di Kabupaten Solok tersebut terdiri atas traktor roda dua, hand sprayer electric, cultivator, traktor roda dua (Handtracktor), traktor roda dua tipe rotary, mesin potong rumput paddy mower, power sprayer, pompa air tiga inch, pompa air empat inch dan juga bantuan berupa benih padi.