KPU Agam data DPK hadir ke TPS saat Pemilu untuk pemilih PSU

id Kpu agam

KPU Agam data DPK hadir ke TPS saat Pemilu untuk pemilih PSU

Koordinator Devisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Agam Zainal Fadli sedang memantau pendataan daftar pemilih khusus yang hadir di TPS saat Pemilu, Rabu (3/7). Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat melakukan pendataan bagi daftar pemilih khsusus (DPK) yang hadir ke tempat pemungutan suara saat Pemilu 14 Februari 2024, untuk mendapatkan jumlah pemilih khusus yang bakal memberikan hak suara pada pemungutan suara ulang anggota DPD RI, Sabtu (13/7).

Koordinator Devisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Agam Zainal Fadli di Lubuk Basung, Rabu, mengatakan pendataan itu dengan membuka kotak kontainer hasil rekap TPS yang dilakukan di aula KPU Agam, Rabu (3/7).

"Pembukaan kotak tersebut dihadiri Bawaslu Agam, perwakilan dari calon anggota DPD RI, Kesbang Pol Agam, Polres Agam dan lainnya," katanya.

Ia mengatakan pembukaan kotak itu untuk mendapatkan daftar hadir pemilih khusus pada Pemilu sebelumnya.

Ini untuk mencari nama-nama daftar pemilih khusus, karena saat PSU nanti tidak ada pemilih menggunakan KTP di luar nama yang diturunkan nantinya.

"Jumlah dan nama daftar pemilih khusus yang hadir ke TPS belum kita dapat, karena masih dalam pendataan," katanya.

Ia mengatakan setelah nama daftar pemilih khusus yang hadir di TPS didapatkan, maka akan diturunkan ke masing-masing TPS dan mereka bakal mendapatkan surat pemberitahuan untuk memilih pada PSU nanti.

Surat tersebut bakal dikirimkan oleh petugas ke pemilih sekitar 11-12 Juli 2024.

"Surat pemberitahuan bakal kita kirimkan ke daftar pemilih khusus, daftar pemilih tetap dan daftar pemilih tambahan, agar mereka bisa menggunakan hak pilihnya," katanya.

Pada Pemilu sebelumnya daftar pemilih khusus di Agam sebanyak 2.711 orang tersebar di 16 kecamatan.

Sedangkan daftar pemilih tetap sebanyak 388.000 pemilih tersebar di 1.721 TPS.