Rektor UNAND lantik dua dekan, ini pesannya

id UNAND, Rektor, dekan, PTN terbaik

Rektor UNAND lantik dua dekan, ini pesannya

Rektor Universitas Andalas Efa Yonnedi, Ph. D sedang membacakan Surat Keputusan dan Sumpah Jabatan dua dekan yang dilantik dilingkup perguruan tinggi itu. (ANTARA/HO-Hms)

Padang (ANTARA) - Rektor Universitas Andalas Efa Yonnedi, Ph. D melantik Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) serta Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) periode 2024-2029 di Convention Hall Kampus Limau Manis pada 26 Juni 2024.

Pejabat yang dilantik Dr. Fery Andrianus, SE., M.Si sebagai Dekan FEB, sedangkan Dr. dr. Dien Gusta Anggraini Nursal, M.K.M dilantik sebagai Dekan FKM menggantikan Defriman Djafri, SKM., MKM., Ph.D, seperti dirilis, Rabu.

Rektor menyampaikan, pelantikan ini merupakan momentum strategis untuk memperkuat komitmen Universitas Andalas dalam memajukan pendidikan tinggi, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di Sumatera Barat dan kancah nasional serta global.

Universitas Andalas bertekad menjadi Glokal, direkognisi secara global dan tumbuh kuat dengan akar-akar yang berasa di nilai-nilai lokal.

Rektor menitipkan tiga tugas besar kepada Dekan baru FEB dan FKM yakni meningkatkan Networking, Riset Excellent di fakultas masing-masing, dan menemukan cara-cara kreatif untuk meningkatkan pendanaan agar mutu turut meningkat.

Selain itu, juga meningkatkan jumlah guru besar dan doktor baik itu di FEB maupun di FKM. Di samping itu, ia berharap pada masing-masing fakultas untuk mampu berkontribusi sesuai dengan bidang ilmu yang didalami.

“FEB diharapkan dapat berkontribusi membantu pemerintah dalam memperkuat ekonomi digital, mengurangi kesenjangan ekonomi, dan meningkatkan daya saing sumber daya manusia Indonesia,” tambahnya.

Kemudian, FKM diharapkannya dapat menjadi garda terdepan dalam penelitian dan inovasi di bidang kesehatan, serta mampu memberikan rekomendasi kebijakan berbasis evidens dan berbasis riset kepada pemerintah baik daerah maupun pusat.

Ia yakin dengan kepemimpinan dekan yang baru akan semakin memperkuat kolaborasi dengan berbagai pihak, baik di sektor pemerintahan, Dunia Industri dan Dunia Usaha, maupun masyarakat.

Acara ini juga bertepatan dengan penerimaan penghargaan Universitas Andalas sebagai perguruan tinggi dengan capaian terbaik dari 273 perguruan tinggi di Indonesia dalam perannya untuk pendampingan kepada keluarga beresiko stunting.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan kontribusi yang telah diberikan oleh Plt Dekan FEB Dr. Endrizal Ridwan dan Dekan FKM Defriman Djafri, Ph. D yang menjabat periode sebelumnya dengan segala capaiannya dalam memimpin fakultas masing-masing.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh berbagai civitas akademika Universitas Andalas, mulai dari dosen, mahasiswa hingga rektor periode-periode terdahulu.(*)