Tingkatkan Tri Dharma,LLDIKTI Wilayah X adakan mobile Laboratorium bagi mahasiswa PTS Padang

id LLDikti, wilayah x, Labor Mobile, Unitas, PTS

Tingkatkan Tri Dharma,LLDIKTI Wilayah X adakan mobile Laboratorium bagi mahasiswa PTS Padang

Sejumlah Mahasiswa terlihat antusias mengikuti pratikum Labor Mobile diadakan LLDikti Wilayah X di Kampus UNITAS Padang. (ANTARA/HO-Hms)

Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X melaksanakan kegiatan laboratorium mobile ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Padang, guna meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Upaya itu, dalam rangka melaksanakan fasilitasi dan bimbingan teknis peningkatan mutu pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta melaksanakan fasilitasi dan bimbingan teknis peningkatan kemampuan akademik.

Kepala Laboratorium LLDIKTI Wilayah X, Dr. Sunadi, MP di Padang, Rabu, menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan di 5 perguruan tinggi swasta yang ada di kota Padang.

Kelima PTS itu meliputi, Fakultas Pertanian Universitas Taman Siswa (11 Juni), Fakultas Kehutanan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (12 Juni), Program Studi Budidaya Perairan Universitas Bung Hatta (13 Juni), Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Syedza Saintika (24 Juni) dan Program Studi Keperawatan Akper Kesdam I/ Bukit Barisan (27 Juni).

“Praktek labornya dilaksanakan selama 1 hari dan melibatkan 50 orang mahasiswa di masing-masing perguruan tinggi. Kita tentu berharap kegiatan ini dapat membantu mahasiswa yang tidak dapat melakukan praktek di labor prodi atau di universitasnya sehingga dapat meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan mahasiswa sesuai dengan bidang masing-masing,"katanya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Taman Siswa (UNITAS) Dr. Milda Ernita, S.Si., MP saat pembukaan acara laboratorium mobile di UNITAS, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum yang belum dilakukan di prodinya.

Untuk itu kepada mahasiswa diharapkan agar memanfaatkan kesempatan ini untuk bertanya secara langsung kepada bapak dan ibu laboran dari LLDIKTI jika ada yang masih ragu terkait dengan pemanfaat praktikum ini serta pengunaan alat-alatnya serta melakukan pratikum dengan sebaik mungkin.

Selain itu jika ada mahasiswa semester akhir yang perlu melakukan pratikum juga dapat menggunakan laboratorium yang ada di LLDIKTi Wilayah X dengan mengikuti ketentuan yang ada.

“Adapun objek praktikum yang diberikan LLDIKTI Wilayah X kepada mahasiswa Fakultas Pertanian UNITAS yakni pengamatan mikroskop, pembuatan asam basa dan pH tanah”tutupnya.*