Tari kreasi 'Taseso' SMPN 4 Sawahlunto juara I FLS2N Provinsi Sumbar

id SMP Negeri 4 Sawahlunto

Tari kreasi 'Taseso' SMPN 4 Sawahlunto juara I FLS2N Provinsi Sumbar

Penampilan tari kreasi 'Taseso' SMP Negeri 4 Sawahlunto dalam FLS2N Tingkat Provinsi Sumbar yang berhasil menang menjadi juara I. (Antarasumbar/HO-SMPN 4 Sawahlunto)

Sawahlunto (ANTARA) - Tim tari kreasi SMP Negeri 4 Sawahlunto, Sumatera Barat sukses menang menjadi juara I dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2024.

Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Sawahlunto Muharror A. Walad, di Sawahlunto, Jum'at menyampaikan tari kreasi yang dibawakan tiga orang pelajar dari SMP di Kenagarian Kubang itu berjudul 'Taseso', yakni menceritakan peristiwa tragis yang dialami pekerja paksa atau orang rantai di Sawahlunto saat penjajahan Belanda.

"Jadi dalam tari ini kita membawa kekayaan sejarah dan budaya di Sawahlunto, khususnya menggambarkan bagaimana kepedihan orang rantai menanggung siksa dari Belanda ketika menjalani kerja paksa penambangan batu bara. Sepertinya selain dari kemampuan dan penampilan teknis, filosofi sejarah yang kita masukkan di balik tari 'Taseso' ini salah satu indikator yang memperkuat kita berhasil jadi juara I," kata dia.

Ia menyebut dengan kesuksesan menjadi juara I di Tingkat Provinsi, maka tim tari kreasi SMP Negeri 4 Sawahlunto tersebut kini bersiap untuk mewakili Sumatera Barat pada FLS2N Tingkat Nasional.

"Sebelumnya pada Tahun 2022 lalu tim tari kreasi SMP Negeri 4 Sawahlunto juga berprestasi tingkat nasional yakni meraih medali emas FLS2N. Setelah itu pada 2024 ini dari cabang tari kreasi menang meraih medali emas pada OSEBI," kata dia.

Dengan keberhasilan mengulang prestasi di tingkat nasional itu, Muharror Walad meyakini potensi-potensi siswa SMP Negeri 4 Sawahlunto layak dan pantas untuk mendapat dukungan dan fasilitasi yang lebih baik.

Guru pembimbing tim tari kreasi SMP Negeri 4 Sawahlunto Tasriful Alam merinci ada tiga siswa yang mengisi penampilan tari tersebut yakni atas nama Andry Zikri Fernanda, Reazqi Nova Saputra dan Faizan Darves Ilham.

"Untuk melatih tim ini, kami bersinergi dengan koreografer yakni Denny Maiyosta. Adapun untuk seleksi penari yang masuk di tim tari kreasi telah kita lakukan sejak September 2023, dengan siswa yang diseleksi berasal dari kelas VII dan VIII," katanya.

Untuk mengikuti FLS2N Tingkat Kota Sawahlunto diceritakan Tasriful Alam bahwa tim berlatih selama delapan bulan.

"Saat sudah lolos juara I di Kota Sawahlunto dan menuju Provinsi, kami meningkatkan porsi dan strategi latihan. Alhamdulillah dengan dukungan dan doa dari pihak sekolah, orang tua/keluarga siswa dan pihak-pihak terkait lainnya, seluruh suka duka dalam latihan dapat kami jalani dengan baik sehingga sekarang berbuah manis," kata dia.

Ia mengapresiasi ketiga siswa SMP Negeri 4 Sawahlunto yang mengisi tim tari kreasi tersebut, yakni mereka dinilai rajin, pantang menyerah dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

"Andry, Reazqi dan Faizan semoga menjadi inspirasi atau role model bagi siswa lain di sekolah. Bagaimana karakter mereka baik dalam sisi akademis maupun non-akademis telah berkontribusi mengharumkan nama sekolah, keluarga dan Kota Sawahlunto," katanya.

Ke depan, Tasriful menyatakan tengah mempersiapkan tim tari kreasi tersebut untuk kembali berlatih lebih baik agar bisa memberikan penampilan terbaik di ajang FLS2N Tingkat Nasional nanti.

Sementara Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada tim tari kreasi SMP Negeri 4 Sawahlunto tersebut.

"Sebuah prestasi membanggakan yang membuktikan kemampuan anak-anak Sawahlunto itu hebat dan unggul. Tugas kita bersama bagaimana mendukung dan memfasilitasi potensi-potensi juara dari anak Sawahlunto supaya tersalurkan menuju prestasi," kata dia.

Sebagai penghargaan terhadap tim tari kreasi SMP Negeri 4 Sawahlunto itu, Pj Wali Kota Fauzan Hasan mengarahkan jajaran perangkat daerah terkait untuk mendukung tim tari tersebut bisa diapresiasi dan dipromosikan antara lain dengan ditampilkan pada kegiatan maupun iven/acara yang diselenggarakan di Tingkat Kota atau Provinsi maupun Nasional.