Departemen Kebidanan UNAND sosialisasikan SOP praktik model kebidanan

id Prodi Kebidanan, sop, model praktik, Unand

Departemen Kebidanan UNAND sosialisasikan SOP praktik model kebidanan

Foto bersama usai sosialisasi SOP dan modul praktik untuk kebidanan. (ANTARA/HO-Keb)

Padang (ANTARA) - Departemen Kebidanan Universitas Andalas (UNAND) menyelenggarakan workshop sosialisasi modul Standar Operasional Prosedur (SOP) dan panduan kerja untuk praktik model kebidanan di klinik.

Kegiatan ini diselenggarakan baru-baru ini disalah hotel di Kota Padang, dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan dari Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes seperti Dr. Akemat, S.Kp., M.Kep.

Selain itu, turut hadir Analis Program Kesehatan Maternal di Dana Penduduk PBB (UNFPA) Indonesia, dr. Elvira Liyanto, Dra. Jumiarni Ilyas, M.Kes (Ketua AIPKIND Pusat), Dr. Ade Jubaedah, SSiT, MM, MKM (Ketua Pengurus Pusat IBI), dan Prof. Dr. dr. Afriwardi, S.H., Sp.KO., M.A (Dekan FK UNAND), yang juga memberikan arahan dalam pembukaan untuk kegiatan tersebut.

Kegiatan ini diselenggaran melalui zoom meeting dan juga secara langsung. Keberhasilan workshop ini tidak lepas dari peran aktif Ketua Panitia, Laila, S.K.M., S.ST., M.Keb, serta dukungan penuh dari Kepala Departemen Kebidanan FK UNAND, Yulizawati, S.ST., M.Keb.

Dalam sambutan dan arahan, mereka semua undangan memberikan apresiasi dan dukungan penuh kepada Departemen Kebidanan Universitas Andalas untuk mengembangkan manajemen pelayanan Kebidanan-led Care dengan pendekatan Continuity of Care (CoC).

Ini diharapkan dapat membawa inovasi dalam pelayanan kebidanan dan menjadi contoh bagi pendidikan kebidanan di Indonesia, serta mendukung program pemerintah dalam menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), dan Stunting, kata Ketua Panitia, Laila, S.K.M., S.ST., M.Keb.

Program Center of Excellence (CoE) yang diselenggarakan oleh UNFPA dan Badan BPPSDM Kementerian Kesehatan memberikan pengakuan dan dukungan kepada institusi pendidikan di Indonesia yang telah mencapai standar keunggulan dalam bidangnya.

Dengan sosialisasi modul, SOP, dan panduan kerja ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi tantangan dalam pendidikan dan pelayanan kebidanan saat ini.

Penyaji modul, SOP, dan panduan kerja setiap asuhan kebidanan adalah Dina Taufiah, M.Keb, Rahmayani Afrah, Bd., M.Keb, Radhiyatan Mardiyah, SST, Ulfa Farrah Lisa, SST., M.Keb, Marzatia Yulika, Bd., M.Keb, Feni Andriani, Bd., M.Keb, Siska Bradinda Bd., M.Keb, Fitrayeni, SKM., M.Biomed.

Workshop ini dihadiri oleh Dosen Departemen Kebidanan UNAND, Alumni, serta beberapa pemangku kepentingan, termasuk bidan-bidan praktisi yang juga terlibat dalam perancangan dan perbaikan setiap komponen modul, SOP, dan Panduan Kerja yang akan digunakan.

Workshop ini ditutup dengan sesi presentasi oleh perwakilan dari masing-masing kelompok. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, Departemen Kebidanan UNAND menunjukkan komitmen dalam menyediakan pendidikan dan pelayanan berkualitas.

Langkah ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam pembelajaran kebidanan dan menjadi evaluasi dalam model praktik pelayanan kebidanan yang ada. *