Departemen Kebidanan Unand segera implementasikan program sister school

id universitas andalas

Departemen Kebidanan Unand segera implementasikan program sister school

Ketua Departemen Kebidanan Unand Yulizawati. (Antara/HO-Pribadi).

Padang (ANTARA) - Departemen Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Sumatra Barat (Sumbar) segera menerapkan program sister school yang menjadi bagian dari kebijakan center of excellence.

"Departemen Kebidanan Unand bersama sembilan institusi pendidikan kebidanan lainnya membahas tentang rencana pengembangan sister school," kata akademisi sekaligus Ketua Departemen Kebidanan Unand Yulizawati melalui keterangan tertulis yang diterima di Padang, Senin.

Yulizawati mengatakan sembilan institusi pendidikan di Tanah Air tersebut tergabung dalam center of excellence Kementerian Kesehatan bersama UNFPA atau Dana Penduduk Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Pada pertemuan tersebut sembilan institusi pendidikan juga membahas rencana tentang pembentukan forum CoE yang beranggotakan institusi pendidikan kebidanan periode I, dan periode II yang mendapatkan hibah untuk menjadi center of excellence dari UNFPA melalui Kementerian Kesehatan.

Ia mengatakan institusi pendidikan CoE merupakan role model yang diharapkan ke depannya dapat diduplikasi oleh institusi lainnya.

Untuk menjalankan program tersebut akan dilakukan perjanjian nota kesepahaman antarinstitusi, serta rencana implementasi dengan Kementerian Kesehatan dan UNFPA. Selain itu manual sister school akan disusun bersama dan disepakati bersama, kata dia.

Terakhir, institusi yang akan dijadikan sebagai sister school dalam center of excellence pendidikan kebidanan adalah Poltekes Kemenkes Jakarta III, Poltekes Kemenkes Tanjung Karang, Universitas Airlangga, Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia, Poltekes Kemenkes Jayapura, Universitas Andalas, Poltekes Kemenkes Yogyakarta, Poltekes Kemenkes Makassar, Poltekes Kemenkes Malang dan Universitas Brawijaya.