Departemen Kebidanan FK UNAND melakukan penilaian status gizi bagi siswi SD 22 di Padang

id Kedoteran, Unand, penilaian gizi, siswi sd

Departemen Kebidanan FK UNAND melakukan penilaian status gizi bagi siswi SD 22 di Padang

Tim Pengabdian Masyarakat Dept. Kebidanan Unand sedang melakukan penilaian gizi siswa SD. (ANTARA/HO-TPFK)

Padang (ANTARA) - Departemen Kebidanan Fakultas Kedokteran (FK) Unand melakukan penilaian status gizi bagi para siswi SD 22 Andalas Padang, Sumatera Barat, sebagai bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Pengabdian kepada masyarakat adalah salah satu kewajiban dosen dalam berkontribusi untuk negeri. Salah satu bentuk pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dosen adalah memberikan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat dengan memperhatikan kesesuaian antara kompetensi kepakaran dosen dengan bidang pelayanan dan pengabdian.

Lebih dari itu pula, kegiatan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat juga dilaksanakan dengan menyesuaikan program pemerintah atau melalui identifikasi berbagai permasalahan yang berkembang di masyarakat.

Sebagai wujud implementasi kegiatan tersebut, pada 12 Desember 2023 bertempat di SDN 22 Andalas Kota Padang, sebanyak 121 siswi melakukan penilaian status gizi oleh Tim Pengabdian Masyarakat Dosen Departemen Kebidanan FK UNAND.

Kegiatan penilaian status gizi ini dimulai dari penimbangan berat badan dan tinggi badan, dilanjutkan dengan penentuan IMT, sehingga dapat ditentukan status gizi masing-masing siswi. Kegiatan ini disambut dengan baik oleh Kepala Sekolah dan jajaran.

Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bernilai positif bagi siswi di SDN 22 Andalas untuk mengidentifikasi sekaligus memantau status gizi siswi apakah ada yang mengalami status berat badan normal, berlebih atau kurang.

Pihak sekolah juga sangat mengapresiasi karena selain adanya penilaian status gizi, kegiatan KIE terkait kesehatan reproduksi yang bermanfaat oleh siswi di sekolah juga dilakukan oleh tim pengabdian.

Kegiatan ini tidak hanya melibatkan dosen namun juga diikuti oleh mahasiswa Program Studi (Prodi) S1 Kebidanan.

Ketua Departemen Kebidanan, Ibu Yulizawati, SST, M.Keb mengatakan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan tugas yang dilaksanakan secara rutin oleh dosen sepanjang karirnya di dunia akademik.

Melalui kegiatan pengabdian masyarakat inilah para dosen memiliki kesempatan untuk bisa menerapkan ilmu yang dimiliki secara langsung.

Hal ini sesuai dengan isi Tri Dharma yang salah satunya adalah tugas melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Tim Pengabdian Masyarakat Dept. Kebidanan Unand foto bersama usai melakukan penilaian gizi siswi Sekolah Dasar. (ANTARA/HO-Tim PMFK)
Bertindak sebagai pelaksana kegiatan, Laila Rahmi, S.ST, M.Keb, Ulfa Farrah Lisa, S.ST, M.Keb, Fitrayeni, SKM, M.Biomed, Laila, SKM, M.Keb, Feni Andriani Bd. M. Keb, Dina Taufia, M. Keb, serta mahasiswa Prodi S1 Kebidanan, Nurhafiza, Suci Amira, Prety Zinta, dan Laila Hijradesy Ridwan.

Siswi yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu seluruh siswi kelas IV, V, dan VI tampak antusias dan aktif dalam mengikuti semua rangkaian kegiatan pengabdian yang disusun.

Dosen Departemen Kebidanan berharap agar kegiatan ini menjadi titik awal kerjasama Departemen Kebidanan FK UNAND bersama dengan SDN 22 Andalas Padang dalam bidang pendidikan khususnya kebidanan yang dapat terlaksana secara berkelanjutan.*