GKM Prodi Pendidikan Profesi Bidan FK Unand bahas peningkatan sistem penjaminan mutu internal

id Unand, Departemen Kebidanan, Fakuktas kedokteran

GKM Prodi Pendidikan Profesi Bidan FK Unand bahas peningkatan sistem penjaminan mutu internal

Ilustrasi-Rapat Via Zoom (ANTARA/HO-Dept.Kebidanan)

Padang (ANTARA) - Gugus Kendali Mutu (GKM) Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Departemen Kebidanan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Andalan (Unand) menggelar rapat membahas tinjauan manajemen untuk peningkatan sistem penjaminan mutu internal.

Sistem penjaminan mutu internal (SPMI) merupakan kegiatan mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan.

Universitas Andalas memiliki Unit Penjaminan Mutu Internal yakni Lembaga Penjaminan Mutu (LPM).

Pada aras fakultas, sistem penjaminan mutu dikelola oleh Gugus Penjaminan Mutu (GPM) dan pada aras program studi dikelola oleh Gugus Kendali Mutu (GKM).

GPM dan GKM bekerja sama sebagai unit yang memastikan berjalannya sistem penjaminan mutu di fakultas dan program studi, serta menjamin terpenuhinya standar mutu yang sudah disiapkan melalui audit dan evaluasi secara berkala agar terjadi perbaikan yang berkelanjutan (continuous improvement).

GKM menyusun dan menyediakan dokumen yang dibutuhkan dalam melaksanakan peran dan fungsinya dengan baik pada kegiatan penjaminan mutu internal agar pelaksanaan penjaminan mutu dapat berjalan dengan baik serta merealisasikan continuous quality improvement.

Selain itu, sesuai dengan kebutuhan akreditasi dan monitoring evaluasi pasca akreditasi bahwa setiap kegiatan audit yang dilakukan di program studi idealnya dibahas dalam Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) Audit Mutu Internal.

Ketua Gugus Kendali Mutu (GKM) Prodi Pendidikan Profesi Bidan Hindun Mila Hudzaifah, M.Tr.Keb mengatakan, Prodi Pendidikan Profesi Bidan Departemen Kebidanan FK Unand mengadakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) sebagai bentuk tindak lanjut dari hasil Audit Mutu Internal (AMI) yang merupakan salah satu kegiatan wajib yang dilakukan suatu institusi/perguruan tinggi dalam menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).

Tujuan dari pelaksanaan RTM adalah untuk meninjau hasil implementasi SPMI dalam kurun waktu tertentu.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan AMI pada periode 2021 dan 2022, GKM Prodi Pendidikan Profesi Bidan Departemen Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang melaksanakan RTM pada Hari Rabu, 06 Desember 2023 via Zoom Meeting.

Rapat ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Ketua Departemen Kebidanan FK Unand Yulizawati, S.ST, M.Keb.

Rapat ini juga dihadiri Ketua Program Studi S1 Kebidanan Ulfa Farrah Lisa, S.ST, M.Keb dan Ketua Prodi Pendidikan Profesi Bidan Laila Rahmi, S.SiT, M.Keb serta seluruh Dosen Departemen Kebidanan FK Unand.

Rapat diawali dengan pemaparan Hasil Audit Mutu Internal periode 2021 dan 2022 oleh Ketua Gugus Kendali Mutu (GKM) Prodi Pendidikan Profesi Bidan Hindun Mila Hudzaifah, M.Tr.Keb dan dilanjutkan dengan diskusi bersama terkait rekomendasi dan implementasi tindak lanjut dari temuan-temuan pada AMI.

Hasil Rapat Tinjauan Manajemen akan dituangkan dalam bentuk laporan RTM yang dapat digunakan sebagai dokumen SPMI pada Tingkat prodi.