Departemen Kebidanan Unand adakan seminar penerapan hypnobirthing

id unand

Departemen Kebidanan Unand adakan seminar penerapan hypnobirthing

Tangkapan layar seminar tentang penerapan hypnobirthing sebagai relaksasi dalam siklus kebidanan. (Antara/HO-Pribadi).

Padang (ANTARA) - Departemen Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Sumatra Barat mengadakan seminar tentang penerapan hypnobirthing sebagai relaksasi dalam siklus kebidanan.

"Seminar ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Midwifery Students National Competition and Seminar atau MITOSIS," kata

Ketua Departemen Kebidanan Fakultas Kedokteran Unand Yulizawati melalui keterangan tertulisnya yang diterima di Padang, Minggu.

Yulizawati menjelaskan hypnosisi merupakan suatu kondisi relaksasi sehingga pikiran bawah sadar lebih dominan dan critical area terbuka untuk menerima sugesti, niat dan afirmasi.

Ia menjelaskan hypno-birthing adalah suatu pengembangan dari hypnosis (hypnotherapy) untuk ibu hamil beserta dengan pasangannya sampai dengan proses persalinan.

Pemateri seminar, Lanny Kuswandi mengatakan pentingnya mengucapkan afirmasi positif lima kali setiap harinya. Sebab, kata-kata adalah energi atau vibrasi. Dengan kondisi rileks, individu akan merasakan kenyamanan.

"Semua bidan harus harus mampu mengajarkan ibu hamil dan bersalin melatih nafas perut sehingga menjadi lebih rileks," ujarnya.

Ia mengatakan kata-kata adalah energi. Oleh karena itu, setiap bidan dituntut hati-hati dalam bertutur kata terutama kepada pasien atau ibu hamil. Apalagi, cukup banyak ibu hamil pada trimenster pertama merasa takut dan cemas.

Selama atau sejak masa kehamilan janin sudah ingin merasakan kasih sayang. Oleh karena itu, welcome spirit baby perlu dilakukan sejak saat konsepsi. Saat ditiupkan ruh, ibu dan suami harus tenang sehingga dapat terjadi konsepsi dan implantasi dengan baik.

"Ketenangan sangat penting di praktekkan oleh suami dan istri, bukan hanya istri saja," kata dia.

Ia mengatakan hypnobirthing bermanfaat dalam mengatasi trauma healing. Selain hypnobirthing, manfaatnya dalam kebidanan yaitu hypnopregnancy, hypnobirthing, hypnobreastfeeding dan hypnoparenting.

"Dengan hypnobirthing akan merangsang keluarnya hormon endhorpin dan membuat seseorang menjadi rileks," jelas dia.