Baznas Agam luncurkan empat paket kegiatan selama Ramadhan 1445 Hijriyah

id Baznas Agam,Berita agam,Berita sumbar

Baznas Agam luncurkan empat paket kegiatan selama Ramadhan 1445 Hijriyah

Ketua Baznas Agam Isman Imran. Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam, Sumatera Barat meluncurkan empat paket kegiatan selama Ramadhan 1445 Hijriah untuk membantu masyarakat kurang mampu dan dhuafa.

Ketua Baznas Agam Isman Imran di Lubuk Basung, Sabtu, mengatakan empat paket kegiatan yakni, paket tentram, paket bahagia, paket ceria dan paket berbuka.

“Paket ini menjadi program unggulan Baznas Agam selama Ramadhan nantinya," katanya.

Ia mengatakan paket tentram ini berupa bantuan perbaikan rumah untuk masyarakat miskin yang memiliki kediaman tidak layak huni.

Perbaikan rumah ini berupa atap, lantai dan dinding (Aladin). Untuk paket ini dianggarkan sebesar Rp20 juta per unit, dimana sasarannya adalah satu rumah satu kecamatan, sehingga total anggarannya yang dibutuhkan sebesar Rp320 juta.

“Paket tentram ini bertujuan untuk memberikan hunian yang nyaman dan memberikan ketentraman hidup bagi penerima bantuan menjelang Idul Fitri,” katanya.

Ia menambahkan selanjutnya paket bahagia berupa bantuan untuk masyarakat atau dhuafa berupa paket beras, telur, minyak goreng dan kain sarung.

Paket tersebut dengan anggaran sebesar Rp500 ribu per paket, dengan sasaran dua orang per kecamatan, sehingga total anggaran sebesar Rp16 juta.

Sedangkan paket ceria berupa bantuan untuk anak yatim dhuafa berupa pakaian dan parcel Lebaran dengan anggaran Rp350 ribu per paket.

“Sasaran paket ceria ini sebanyak 54 orang yang ada di Agam, sehingga total anggaran Rp18,9 juta,” katanya.

Setelah itu paket berbuka bersama anak yatim dhuafa dengan harga paket sebesar Rp350 ribu per paket.

Jumlah sasaran kegiatan ini sebanyak 108 orang dengan anggaran sebesar Rp37,8 juta.

Ia berharap seluruh paket kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga program ini dapat membantu masyarakat kurang mampu di Agam.