Dua individu bunga rafflesia bakal mekar di CA Batang Palupuh Agam

id bunga rafflesia agam,Berita agam,Berita sumbar

Dua individu bunga rafflesia bakal mekar di CA Batang Palupuh Agam

Petugas Resor Konservasi Wilayah II Maninjau BKSDA Sumbar sedang mengukur knop bunga rafflesia. Dok HO/BKSDA Sumbar

Lubukbasung (ANTARA) - Dua individu bunga rafflesia jenis Arnoldii bakal mekar sempurna dalam beberapa minggu kedepan di kawasan Cagar Alam Batang Palupuh, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Kepala Resor Konservasi Wilayah II Maninjau BKSDA Sumbar Rusdiyan P. Ritonga di Lubuk Basung, Kamis, mengatakan dua individu bunga rafflesia itu bakal mekar dua sampai tiga minggu kedepan, karena knop sudah berwarna merah maron.

"Bunga rafflesia itu bakal mekar sempurna dengan jarak beberapa hari," katanya.

Ia mengatakan bunga rafflesia tersebut berada di kawasan Cagar Alam Batang Palupuh dengan jarak beberapa meter dengan individu lainnya.

Knop bunga rafflesia tersebut berdiameter 52 sentimeter dan 42 centimeter.

"Berkemungkinan satu knop bakal mekar dengan diameter cukup besar nantinya," katanya.

Ia mengakui Cagar Alam Batang Palupuh merupakan habitat bunga langka dan dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Dengan dasar itu, daerah dengan luas 3,4 hektare ditetapkan sebagai Cagar Alam oleh Pemerintah Belanda lewat Gubernur Besluit No 3 STBL No 402 pada 14 November 1930.

Selain bunga rafflesia, juga ditemukan knop bunga rhizanthes lowii sebanyak sembilan individu dan sudah melalui proses mekar sempurna enam individu.

"Ini berdasarkan pendataan yang dilakukan saat patroli di kawasan tersebut," katanya.