TNI buatkan sumur bor bagi masyarakat Tanah Datar kesulitan air bersih

id Air bersih, sumber air bersih, tni

TNI buatkan sumur bor bagi masyarakat Tanah Datar kesulitan air bersih

Warga mengambil air bersih dari sumur bor yang dibangun TNI. (ANTARA/HO-Humas Korem 032/Wirabraja).

Padang (ANTARA) - Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Rayen Obersyl mengatakan pihaknya membantu membuatkan lima sumur bor bagi masyarakat di Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Limapuluh Kota dan Kabupaten Kepulauan Mentawai yang kesulitan mendapatkan air bersih.

"TNI turun tangan untuk melaksanakan program Manunggal membangun sumber air bersih bagi masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih," kata Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Rayen Obersyl di Padang, Kamis.

Danrem mengatakan pembuatan sumur bor tersebut dikerjakan langsung oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan dibantu masyarakat setempat. Sebelum ini, masyarakat di tiga kabupaten tersebut kesulitan mendapatkan air bersih dan hanya mengandalkan air hujan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Ada empat lokasi yang sudah disurvei sebelumnya untuk dibuatkan sumur bor untuk pengadaan air bersih. Masyarakat setempat sangat menantikan sumber air bersih ini. Sebab, sumber air bersih cukup jauh dari lokasi tempat tinggal," kata dia.

Pengadaan air bersih merupakan program unggulan Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak untuk membantu masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih.

"Kami berusaha dan memastikan ketersediaan air cukup untuk menjangkau warga sekitar termasuk mengantisipasi dampak musim kemarau," ujar Danrem

Senada dengan itu, Komandan Kodim (Dandim) 0307/Tanah Datar Letkol Czi Sutrisno mengatakan selain sumur bor, TNI juga membangun menara air setinggi lima meter serta pemasangan tangki air di Jorong (dusun) Tanjung Modang Nagari (desa) Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara.

Sumur bor tersebut dibuat dengan kedalaman standar, yakni 32 meter dengan debit air 500 liter per jam. Saat pengoperasian juga tidak ada kendala. Selanjutnya, TNI akan melakukan pemasangan pipa ke ke rumah ibadah dan rumah-rumah warga.

Sementara, Wali Nagari Tanjung Bodang Hendri Joni menyambut baik langkah TNI yang telah membantu pembuatan sumur bor. Harapannya, tidak ada lagi masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih.

"Kami sangat berterima kasih atas kepedulian TNI kepada masyarakat dalam mengatasi kesulitan air bersih dengan membangun sumber air bersih yang nantinya digunakan untuk mengaliri 100 kepala keluarga di Jorong Tanjung Bodang," sebut dia.