KPU Solok Selatan terima surat suara pemilu

id KPU, Solok Selatan, terima, surat suara Pemilu

KPU Solok Selatan terima surat suara pemilu

Petugas sedang melakukan pembongkaran surat suara Pemilu dari truk kontainer ke gudang KPU, Rabu malam (10/1/2024). Antara/Erik

Solok Selatan (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat sudah menerima empat jenis surat suara sebanyak 869 kardus untuk kebutuhan Pemilu 2024.

"Kami masih menunggu satu jenis surat suara sebanyak 265 kardus yaitu untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang kemungkinan datang hari ini," kata Komisioner KPU Solok Selatan Divisi Teknis Dedi Fitriadi, di Padang Aro, Kamis.

Dia mengatakan, empat surat suara yang sudah diterima yaitu untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPRD Kabupaten dan Provinsi.

Untuk surat suara Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 67 kardus dengan isi setiap kardus 2.000 lembar sehingga totalnya 134 ribu lembar.

Sedangkan untuk surat suara DPR RI sebanyak 132.500 lembar yang dibungkus dalam 265 kardus dimana setiap kardus berisi 500 lembar.

Sedangkan untuk surat suara DPRD provinsi juga 265 kardus dan setiap kardus berisi 500 lembar.

Untuk DPRD Kabupaten dapil dibagi per daerah pemilihan dimana untuk dapil satu dan dua masing-masing 74 kardus dan dapil tiga sebanyak 124 kardus.

Surat suara pemilihan DPRD Kabupaten untuk dapil tiga sebanyak 62 ribu serta dapil satu dan dua masing-masing 37 ribu lembar.

"Surat suara yang sudah datang sekarang disimpan di gudang kpu," ujarnya.

Dia menambahkan, untuk pelipatan surat suara akan dimulai pada Jumat 12/1 yang diawali dengan surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Untuk pelipatan surat suara Presiden sudah direkrut 50 orang dan setelah memasuki surat suara legislatif akan ditambah tenaganya menjadi 75 orang.

Komisioner Bawaslu Solok Selatan Haikal mengatakan, pembongkaran surat suara dari truk pengangkut hingga ke gudang KPU diawasi dengan ketat.

"Kami juga akan mengawasi saat pelipatan surat suara oleh KPU," ujarnya.