Pemkot Sawahlunto sedang memasang Pocadi dari Perpusnas RI

id Pemkot Sawahlunto,Perpusnas R,berita sawahlunto,berita sumbar

Pemkot Sawahlunto sedang memasang Pocadi dari Perpusnas RI

Kabid Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto Nova Zahara sedang memeriksa proses perakitan perlengkapa Pojok Baca Digital (Pocadi) bantuan dari Perpusnas RI. (Antarasumbar/HO-Dinas Perpustakaan Kearsipan Sawahlunto)

Sawahlunto (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto, Sumatera Barat sedang merakit perlengkapan Pojok Baca Digital (Pocadi) bantuan dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI.

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto Nova Zahara, di Sawahlunto, Rabu mengatakan Pocadi tersebut dipasang di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Sawahlunto yakni di Muaro Kalaban.

"Alhamdulillah, bantuan perlengkapan Pocadi dari Perpusnas RI telah datang, saat ini tim kita langsung merakit barang-barang tersebut agar segera bisa dioperasikan," kata dia.

Perangkat Pocadi yang diterima merupakan realisasi dari kunjungan Kepala Perpusnas RI ke Kota Sawahlunto pada 09 September 2023 yang dalam kunjungan itu menyerahkan secara simbolis bantuan Pocadi tersebut.

Ia menyebut Pocadi adalah tempat membaca yang menyediakan koleksi buku cetak dan buku digital (e-book).

"Koleksi e-book yang ada di Pocadi berasal dari konten yang tersimpan pada lokal server dan juga konten iPunas, semua bisa dipinjam dan diunduh mengunakan aplikasi iPusnas. Pocadi juga dilengkapi dengan perangkat pop-up dan aplikasi untuk media promosi, kegiatan serta koleksi ebook, audio dan video," ujar dia merinci.

Setelah proses perakitan perlengkapan tersebut selesai, dalam waktu dekat ini Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto Jhon Hendri menyebut pihaknya mengundang jajaran pimpinan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI untuk datang ke Sawahlunto dalam rangka meresmikan Pocadi tersebut.

Kasi Pelayanan dan Pengembangan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto Indra Ismail merinci perlengkapan Pocadi yang dibantu oleh Perpusnas yakni tidak hanya menyediakan buku bacaan saja, namun juga menyediakan sarana prasarana digital seperti smart tv, komputer atau PC all in one dan tablet android yang bisa digunakan oleh pengunjung.

"Komputer dan tablet yang ada di Pocadi juga sudah diinstal aplikasi IPUSNAS milik Perpustakaan Nasional RI, ditambah aplikasi permainan edukasi bagi anak-anak," kata dia.

Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Zefnihan mengatakan hadirnya Pocadi itu sangat bermanfaat meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan perpustakaan yang semakin canggih menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi digital.

"Literasi sangat penting bagi generasi penerus. Sehingga pemerintah harus berkomitmen bagaimana mendukung penyelenggaraan sarana dan prasarana literasi yang memadai, salah satunya melalui perpustakaan dan Pocadi yang sebentar lagi akan kita launching (luncurkan)," kata dia.

Ia kemudian menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Perpusnas RI yang telah memberi banyak dukungan dan bantuan kepada Pemkot Sawahlunto.

"Sudah banyak dukungan dan bantuan yang diterima Sawahlunto dari Perpusnas. Ini sinergi yang sangat bagus, kita sangat berterima kasih dan terus menjaga sinergi ini," kata dia. (*)