Solok Selatan dorong masyarakat donor darah rutin

id pemkab Solok Selatan,berita Solok Selatan,berita sumbar

Solok Selatan dorong masyarakat donor darah rutin

Asisten I Sedakab Solok Selatan Efi Yandri menyerahkan sertifikat kepada pendonor darah sukarela secara berkala usai Apel pagi, di Padang Aro, Senin. Antara/Erik

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat mendorong agar masyarakat untuk melakukan donor darah secara rutin karena akan bermanfaat buat warga yang membutuhkan serta baik bagi kesehatan sendiri.

"Pada peringatan hari Palang Merah Indonesia ke-78, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mendorong seluruh ASN dan masyarakat untuk melakukan kegiatan donor darah, baik dalam acara peringatan ini maupun secara reguler karena banyak manfaatnya baik bagi diri sendiri maupun orang lain," kata Asisten I Setdakab Solok Selatan Efi Yandri, di Padang Aro, Senin.

Dia mengatakan, mayoritas masyarakat Solok Selatan tidak mengetahui golongan darahnya ini merupakan data penting yang akan dibutuhkan sewaktu-waktu.

Hari ini katanya, pada peringatan hari PMI ke-78 Pemkab melakukan kegiatan donor darah dan pemeriksaan golongan darah di Markas PMI Solok Selatan.

Pemkab Solok Selatan juga menyerahkan sertifikat kepada pendonor darah sukarela dalam rangka Hari PMI ke-78 kepada empat orang penerima.

Ke empat orang tersebut yaitu Indra Wijaya Nastin yang telah melakukan donor 69 kali, Anasrul telah donor 40 kali.

Selanjutnya untuk Wino Saputra yang telah melakukan donor 39 kali dan Mesri Harizal yang telah donor 30 kali.

Selain itu ia mengingatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar mempercepat penyerapan Dana Alokasi Khusus (DAK) dimana setidaknya hingga 5 Oktober 2023 jumlah serapan dana DAK harus sudah mencapai 75 persen.

Untuk kepada OPD dengan tingkat penyerapan DAK yang masih rendah seperti Dinas Pekerjaan umum, Tata Ruang dan Pertanahan (DPUTRP), Dinas Kesehatan, dan Dinas Pendidikan untuk menyegerakan kegiatan yang sudah diperuntukan dana tersebut.

Ia juga mengingatkan seluruh elemen nagari se-Solok Selatan untuk terlibat aktif dalam seluruh kegiatan yang dilaksanakan di kabupaten ini.

Terlebih lagi dengan akan dilaksanakannya dua gelaran besar tingkat provinsi di Solok Selatan dalam waktu dekat.

"Kami berharap perangkat nagari, Wali Nagari, dan Bamus untuk menyukseskan even provinsi di Solok Selatan," ujarnya.