DPKUKM Kota Solok sosialisasikan digitalisasi pengemasan produk

id DPKUKM Kota Solok, sosialisasikan digitalisasi, pengemasan produk

DPKUKM Kota Solok sosialisasikan digitalisasi pengemasan produk

DPKUKM Kota Solok saat mensosialisasikan digitalisasi pengemasan produk. ANTARA/HO-Diskominfo Solok

Solok (ANTARA) - Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Kota Solok, Sumatera Barat, mensosialisasikan cara pengemasan serta branding produk menggunakan media digitalisasi.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Solok Zulferi, di Solok, Kamis, mengatakan melihat desain kemasan produk UMKM Kota Solok saat ini, masih banyak yang standar dan terkesan kurang menarik sehingga keinginan untuk memasarkan produk secara digital menjadi kurang.

“Oleh sebab itu, pelaku UMKM perlu mendapatkan bimbingan teknis ini dan nantinya dapat mengaplikasikan serta mengimplementasikan hasil dari kegiatan ini dengan baik,” ujarnya.

Zulferi mengatakan pada kegiatan sosialisasi tersebut, DPKUKM menghadirkan narasumber dua orang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, yakni Rika Wahyuni dan Dimas Perdana Oskar yang diikuti 20 orang peserta.

Di samping itu, salah seorang pemateri Dimas Perdana Oskar menjelaskan bagaimana cara membuat kemasan serta branding produk menggunakan media digitalisasi, dan juga memanfaatkan aplikasi gratis menambah kemasan lebih menarik.

“Nantinya kemasan UMKM bisa mempunyai daya tarik dan mendapatkan tempat di pasar lokal dan nasional maupun internasional,” ujarnya.

Dimas juga berharap kepada para peserta agar tetap semangat dari hari awal sampai akhir kegiatan nantinya.

“Semoga ilmu yang telah diberikan tidak disia-siakan dan diharapkan dapat juga menginformasikan ilmu yang didapat kepada teman-teman UKM lainnya,” kata dia.

Lebih lanjut, Zulferi juga mengatakan sebelumnya DPKUKM Kota Solok telah membuat aplikasi marketplace UMKM Manjua, yakni aplikasi berbasis website yang dikembangkan bersama Diskominfo sebagai wadah bagi para UMKM Kota Solok memasarkan dan mengenalkan produk kepada masyarakat luas.

DPKUKM juga telah melakukan penandatanganan kerja sama dengan Kantor Pos Cabang Solok yang sepakat untuk melayani jasa pengiriman dari user aplikasi UMKM Manjua, yang dimaksud sebagai user adalah masyarakat yang terdaftar sebagai seller maupun sebagai customer di aplikasi UMKM Manjua.

Menurutnya, perlu dilakukan sosialisasi terkait cara pengemasan serta branding produk menggunakan media digitalisasi untuk meningkatkan nilai jual serta menambah daya tarik konsumen secara lokal maupun nasional.